Sukses

Cara Ampuh Bikin Anak Tak Ganggu Anda Ngobrol dengan Orang Lain

Metode ini akan membuat anak sabar menunggu Anda menyelesaikan percakapan dengan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak memang memiliki tingkah laku yang sulit dipahami dan seringkali tidak bisa orangtua tolak. Apakah Anda pernah mengalami saat-saat dimana anak Anda mengganggu percakapan Anda dengan orang lain? Tidak jarang kejadian ini akan memancing emosi Anda, apalagi jika Anda sedang bercakap-cakap tentang suatu hal yang penting. Dilansir dari dari brightside.me, cara untuk mengatasi kejadian yang sering dialami para orangtua ini cukup sederhana.

Orangtua harus bisa memahami karakteristik anak agar dapat memberi tanggapan yang tepat atas perilaku sang anak. Dengan demikian, anak pun dapat mengerti dan paham akan nilai-nilai yang benar dan salah. Untuk mencegah emosi Anda terpancing saat anak Anda meminta perhatian di tengah-tengah percakapan Anda dengan orang lain, ternyata ada metode sederhana yang ampuh.

 

Anak dapat diberi pengertian untuk bersabar dan menunggu jika ingin berbicara dengan orangtuanya.

Bagaimana caranya agar anak Anda dapat menunggu sampai Anda selesai bercakap-cakap? Tanpa harus berkata-kata, Anda cukup memegang pergelangan tangan anak Anda dengan lembut, dan selesaikan percakapan Anda. Setelah selesai, Anda dapat menanggapi dan medengarkan apa yang ingin ia sampaikan pada Anda. Cara ini adalah win-win solution untuk Anda, lawan bicara Anda, dan tentu saja anak Anda.

Anda juga perlu menjelaskan kepada anak bahwa saat mereka ingin bicara dengan orangtua yang sedang bercakap-cakap dengan orang lain, mereka harus bersabar dan menunggu sebentar. Beritahu anak Anda bahwa mereka cukup memberi tanda dengan memegang pergelangan tangan Anda sebagai pengingat.

Anda tak perlu lagi mengatakan ‘tunggu’, atau ‘jangan ganggu mama’ atau ‘nanti dulu’ berkali-kali kepada anak. Lakukan metode ini agar Anda, anak, dan lawan bicara Anda tetap merasa nyaman. Tertarik mencoba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.