Sukses

Obesitas Membuat Wanita Ini Tak Dapat Berjalan Selama 2 Tahun

Milla Clark, seorang istri dan ibu dari 4 anak mengalami obesitas dan tak dapat berjalan selama kurang lebih dua tahun.

Liputan6.com, Jakarta Milla Clark, seorang wanita berusia berusia 47 tahun berasal dari Fayetteville, Tennessee beberapa waktu lalu muncul dalam serial realitas TLC berjudul "My 600lb Life".

Milla yang mengalami obesitas dengan berat badan 324 kg telah menjalani operasi untuk membuang lemak di tubuhnya sebanyak 200 kg dan menghilangkan cairan lemak yang ada di kakinya seberat 19 kg. Cairan ini biasa disebut sebagai lymphedema, dan inilah yang membuatnya tidak dapat berjalan selama dua tahun, selain karena berat badannya sendiri.
"Saya merasa sangat sengsara setiap hari. Rasanya seperti terjebak di dalam tubuh. Tidak pernah sekalipun dalam kurun waktu 2 tahun, saya berdiri. Hal yang dapat saya lakukan adalah makan dan tidur," jelas Milla, seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Senin (14/3/2016).

Milla juga mengakui ketakutannya untuk pergi tidur setiap malam. Ia takut tidak terbangun lagi di keesokan paginya. Mila, kelima anak dan suaminya sedang berjuang bersama-sama untuk menghadapi masalah kesehatan akibat 'kelumpuhan' yang dideritanya ini.

Tiga anak Milla, Jacob (16), Hannah (15), dan Caleb (15) bangun sebelum matahari terbit setiap paginya untuk memandikan Milla, karena Milla tidak dapat melakukannya sendiri.
Milla menceritakan dengan sedih bahwa anak-anaknya harus memastikan bahwa setiap bagian tubuhnya bersih, agar tidak menimbulkan infeksi tertentu. Hannah membersihkan daerah kemaluannya, Jacob membantu memegangi lymphedema-nya yang berat, agar Caleb dapat membersihkannya di saat yang sama.

"Ini adalah hal yang memalukan. Seharusnya anak-anak di usia mereka tidak harus merawat orang tua mereka seperti ini," cerita Milla dengan sedih.

Mengerikan, Obesitas Sebabkan Wanita Ini 'Lumpuh'. Sumber : bet.com

Namun, Milla tidak mengelak bahwa sampai saat ini ia masih saja memaksa anak-anak untuk membawakannya makanan junk food atau cepat saji, walaupun kesehatannya sedang tidak baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masa Kecil Milla

Milla telah berjuang dengan masalah berat badan sepanjang hidupnya. Sejak umur tiga tahun, Milla sudah memiliki tubuh yang gemuk. Bagaimanapun, Milla tidak pernah berusaha mengatur pola makannya dengan berat badan yang terus bertambah setiap waktu.

"Ayah tidak pernah muncul ketika saya masih kecil, jadi saya hanya memiliki ibu dan adik perempuan. Ibu saya sendiri tidak pernah menemukan cara yang tepat untuk mengungkapkan rasa cintanya pada saya dan adik. Ia tidak pernah mengatakannya, memeluk atau mencium saya. Yang ia lakukan hanya memberi makan. Ia menganggap bahwa ini menunjukkan rasa cintanya. Jika kami menolak makanan tersebut, ia akan marah," cerita Milla mengingat masa kecilnya.

Milla juga menceritakan bahwa adiknya memiliki tubuh yang kecil, sehingga seringkali tidak dapat menghabiskan makanan yang diberikan. Di sinilah, Milla seringkali membantu sang adik menghabiskan makanannya agar tidak kena hukuman dari sang ibu.

"Di saat yang sama, saya merasa bahwa makanan adalah bentuk kehangatan dari ibu, sehingga saya merasa ingin lebih dan lebih setiap waktu," jelas Milla.

Di samping itu, ibu Milla tidak merasa bersalah atas kecanduan makanan yang dialami oleh putrinya. Ibu Milla mengatakan, "Saya sering menyalahkan diri saya sendiri terhadap keadaan Milla saat ini. Namun, pada saat yang sama, saya pikir tidak masalah ia makan begitu banyak, karena tidak selamanya kami memiliki makanan berlimpah, sehingga saya ingin melihat anak-anak makan dengan cukup," papar sang ibu.

Mengerikan, Obesitas Sebabkan Wanita Ini 'Lumpuh'. Sumber : 24sata.hr.

3 dari 4 halaman

Keluarga Kecil Milla

Milla mengatakan bahwa tubuhnya bertambah besar setiap waktu, dan saat ia lulus SMA, berat badannya mencapai 150 kg. Tidak lama setelah lulus, Milla bertemu dengan Elroy dan mereka jatuh cinta.

"Saya rasa semua orang merasa terkejut mendengar saya menikah, karena bentuk tubuh saya. Mereka berpikir bahwa tidak ada orang yang menginginkan seorang wanita dengan berat badan 181 kg," ujar Milla.

Elroy juga sempat mengungkapkan rasa cintanya kepada Milla dan berkata bahwa berat badan Milla bukanlah masalah baginya.

"Saya sangat mencintai Elroy, dan hal ini selalu dapat membuat saya lupa dengan berat badan selama beberapa saat," ungkap Milla.

Segera setelah Milla dan Elroy menikah, Milla melahirkan anak pertama mereka dan berat badannya saat itu mencapai 226 kg, sehingga terlalu beresiko bagi Milla untuk memiliki anak lagi. Karena hal itu, maka Milla dan Elroy mengangkat 4 anak lainnya dari orang tua pecandu narkoba. Di saat Milla berjanji akan merawat keluarga, yang terjadi adalah sebaliknya.

4 dari 4 halaman

Pengobatan Milla

Dengan harapan untuk selamat, Milla dan keluarganya memutuskan untuk pindah ke Houston, Texas, kota ini memiliki seorang dokter bedah bernama Dr. Younan Nowzaradan.

Pada saat Milla bersedia dibawa ke rumah sakit, berat tubuhnya telah mencapai 324 kg, namun satu bulan berikutnya ia berhasil kehilangan 23 kg dengan diet kalori terbatas.

Sebelum diperbolehkan untuk kembali ke rumah, Dr. Younan terlebih dahulu memastikan anak-anak Milla tidak lagi menuruti kemauan makan ibunya.

"Anak-anak terbiasa memberi saya apapun yang saya inginkan untuk dimakan. Mereka berada di posisi yang sulit sebenarnya, sehingga Dr. Younan ingin anak-anak saya berkonsultasi dengan ahli gizi sebelum membawa saya kembali ke rumah. Ia ingin saya dan anak-anak bekerjasama layaknya sebuah tim," aku Milla.

Mengerikan, Obesitas Sebabkan Wanita Ini 'Lumpuh'. Sumber : nyooztrend.com

Milla juga mengakui bahwa akan jauh lebih sulit menurunkan berat badannya saat berada di rumah, walaupun saat itu ia telah berhasil menghilangkan 22 kg lemak lagi dari tubuhnya.
"Ini akan menjadi ujian nyata bagi saya," ungkap Milla.

Ahli gizi Milla bernama Kinsey Davidson mengatakan bahwa seluruh anggota keluarga harus membuang semua makanan cepat saji yang ada di dalam rumah. Selain itu, Kinsey juga melarang semua anggota keluarga untuk membeli makan dari luar dan memakannya di dalam rumah. Milla merasa bersalah karena ini berarti bahwa secara tidak langsung ia mengubah hidup dari anak-anaknya.

"Saya mengatakan kepada mereka bahwa mereka benar-benar harus berubah sekarang. Dan saya akan mampu melewati hal ini, karena kekuatan dan semangat dari mereka," papar Milla.

Mengerikan, Obesitas Sebabkan Wanita Ini 'Lumpuh'. Sumber : people.com

Kinsey juga yakin bahwa ini akan menjadi pengalaman besar bagi keluarga Milla. Dengan dukungan dari seluruh anggota keluarganya, Milla berhasil menurunkan 45 kg berat tubuhnya dan menjalani operasi pengangkatan 19 cairan lemak atau lymphedema di kakinya.

Untuk pertama kalinya, Milla berhasil menurunkan berat tubuhnya hingga 69 kg setelah dua tahun merasa sengsara karena tidak dapat bergerak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.