Sukses

8 Perubahan untuk Hari-hari Lebih Bahagia

8 langkah kecil yang dapat membawa perubahan positif ke dalam kehidupan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Ketika tumpukan pekerjaan tak kunjung menipis, kemacetan ibukota yang setiap hari harus dihadapi, dan jadwal liburan yang masih jauh, rasanya pasti berat menghadapi minggu yang baru. Menurut artikel yang dilansir dari glamour.co.uk, 8 langkah kecil berikut dapat membawa perubahan positif untuk hidup lebih bahagia.

Jangan menunda pekerjaan yang paling sulit

Jika Anda biasanya mengerjakan pekerjaan yang paling tidak disukai pada penghujung hari, saatnya mengubah pola. Lakukanlah hal yang paling tidak Anda sukai di awal hari untuk mendapatkan rasa puas dan tenang. Menjalani sisa hari pun tak perlu pusing memikirkan pekerjaan yang biasanya Anda tunda.

Lakukan pekerjaan sulit di awal hari

Manfaatkan jam makan siang dengan baik

Jam  makan siang adalah hak setiap karyawan dan sebaiknya digunakan untuk meninggalkan meja kerja dan makan di luar ruangan kerja. Penelitian menemukan bahwa 70% karyawan mengalami penurunan energi di atas jam 3 sore. Untuk mencegah hal ini terjadi, karyawan disarankan untuk berjalan kaki sebanyak 10-20 menit karena akan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen.

Lepaskan diri dari media sosial

Sosial media identik dengan level kepercayaan diri seseorang. Sediakan waktu untuk lepas dari tekanan dari akun media sosial yang Anda miliki selama 1 jam atau lebih dalam sehari.

Sadari batas tubuh

Ketika Anda merasa sangat lelah namun tetap bekerja, kecenderungan untuk membuat kesalahan dan merasa emosional sangat tinggi. Ibarat lingkaran setan, jika Anda mempertahankan pola seperti ini, maka pekerjaan yang dihasilkan tidak akan maksimal dan Anda akan terus merasa tidak puas. Alhasil, rasa lelah tidak akan hilang. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah, batalkan rencana-rencana yang tidak terlalu penting agar dapat pulang dan tidur lebih awal. Istirahat yang cukup memiliki peran yang vital tak hanya untuk kesehatan, namun juga untuk produktivitas.

Istirahat yang cukup vital untuk kesehatan dan produktivitas

Lakukan sesuatu yang Anda sukai

Beli novel, serial televisi atau drama Korea yang sudah lama Anda rencanakan. Sediakan waktu untuk sekedar berselonjor dan menonton televisi tanpa memikirkan pekerjaan untuk me-recharge kembali diri Anda.

Buat daftar pekerjaan yang sudah diselesaikan

Ya, to-do list adalah cara yang tepat untuk mengingatkan Anda akan pekerjaan yang masih harus dilakukan. Bagaimana dengan done-list? Daftar ini tidak kalah penting dan akan menghadirkan perasaan puas yang bermanfaat positif bagi diri Anda.

Berhenti double tasking saat beristirahat

Berapa banyak dari Anda yang menonton televisi sambil memegang gadget? Hal ini mengakibatkan otak mengalami overstimulation yang justru membuat lelah. Otak Anda butuh relaksasi sejenak, pilihlah 1 kegiatan favorit untuk hasil maksimal.

Tak ada salahnya sesekali membeli barang yang sudah lama diinginkan

Beri hadiah pada diri sendiri

Tak ada salahnya sesekali shopping atau membeli barang yang harganya mungkin di luar budget untuk menyenangkan diri sendiri. Parfum yang wanginya menenangkan, atau sepatu yang bisa menambah kepercayaan diri akan jadi semangat baru dalam menjalani hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.