Sukses

10 Wanita Terkaya Sepanjang Sejarah ( Part 1)

Berikut lima dari 10 daftar wanita terkaya di dunia sepanjang sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Dari zaman dahulu, ternyata seorang wanita memiliki peranan tersendiri dalam kehidupan dan membuat dirinya inspiratif bagi sekitarnya. Bahkan beberapa dari mereka merupakan pemimpin yang memegang kendali besar di negaranya.

Menyambut Hari Wanita Internasional yang jatuh tepat pada hari Selasa, 8 Maret 2016, Liputan6.com merangkum daftar wanita yang memiliki kekayaan terbanyak sepanjang sejarah. Mulai dari masa sebelum masehi hingga saat ini. Berikut deretan wanita-wanita terkaya dengan prestasi mengagumkan sepanjang sejarah bagian pertama, seperti yang dilansir dari situs Time, Selasa (8/3/2016).

1. Empress Wu

Wanita terkaya sepanjang sejarah

Permaisuri melegenda dari China ini menjabat sebagai permaisuri dengan pertumpahan darah. Dalam kepemimpinannya, kerajaan berhasil diperluas hingga ke Asia Tengah, dan menjadikannya salah satu kekaisaran terbesar di dunia. Kekayaan kerajaan berkembang berkat perdagangan teh dan sutra dengan negara-negara di sepanjang jalur Sutra. Lebih dari 300 juta mata uang dihasilkan oleh Dinasti Tang yang dipimpin oleh Wu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Hatshepsut

 

2. Hatshepsut

Wanita terkaya sepanjang sejarah

Wanita dari Mesir ini menjadi pemimpin wanita pertama. Ia meyakinkan semua rakyatnya bahwa dirinya menjadi raja saat itu, merupakan kehendak para dewa. Ia menguasai tambang emas dengan output mencapai $ 2 miliar atau setara dengan Rp 26 triliun.

3 dari 5 halaman

3. Catherine the Great

3. Catherine the Great

Wanita terkaya sepanjang sejarah

Catherine tidak hanya ahli dalam berpolitik, namun juga memiliki harta yang terbilang banyak hingga mencapai $ 1,5 triliun. Pemimpin Rusia ini mengawali kepemimpinannya dengan prinsip liberal yang membebaskan masyarakat dari perbudakan. Namun setelah hadirnya pemberontakan, dirinya mengubah pemerintahannya menjadi diktator dan menerapkan pajak kepada masyarakat. Otoritasnya membuat dirinya memiliki harta yang banyak selama memimpin.

4 dari 5 halaman

4. Cleopatra

4. Cleopatra

Wanita terkaya sepanjang sejarah

Cleopatra merupakan salah satu pemimpin wanita paling terkenal di dunia. Terkenal dengan hartanya yang banyak hasil dari manipulasi politik yang dilakukannya saat menjadi pemimpin Mesir. Industri besar dari Mesir saat itu memberikan dampak yang besar pada perekonomian negara seperti gandum, papirus dan salep yang memberikan penghasilan sebesar $ 95 miliar.

5 dari 5 halaman

5. Isabella of Castile

 

5. Isabella of Castile

Wanita terkaya sepanjang sejarah

Sebagai salah satu ratu terkaya di dunia, ia tidak hidup bak ratu. Pada saat ia wafat, Isabella memiliki harta yang mencapai 1,45 juta dukat, koin emas yang berfungsi sebagai mata uang Spanyol saat itu. Dirinya memerintah Spanyol selama industri wol dan tekstil sedang maju di negaranya. Dari kepemimpinannya bahkan ia memiliki perhiasan dan permadani paling mahal di dunia.

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini