Sukses

5 Cara Ampuh Tidur Siang Berkualitas di Kantor

Berikut ini 5 cara agar Anda bisa tidur siang ketika di kantor yang bermaanfaat untuk tingkatkan produktivitas di kantor.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang siang merupakan saat yang paling menantang bagi para pekerja kantoran. Pasalnya pada waktu-waktu tersebut, kantuk seringkali menyerang dan tanpa sadar memengaruhi produktivitas kerja.

Salah satu cara utama untuk mengatasi rasa kantuk tersebut, tak lain dan tak bukan adalah dengan tidur siang. Walaupun tidur siang hampir mustahil dilakukan atau mungkin hanya sebentar, tetapi memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Seperti dilansir dari motto.time.com pada Sabtu (5/3/2016), Liputan6.com merangkum cara agar Anda tetap bisa mendapatkan kualitas tidur siang yang baik sehingga berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Atur alarm sekitar 20 menit

1. Atur alarm sekitar 20 menit

Atur alarm sekitar 20 menit
Menurut penuturan pakar kesehatan dan pendiri Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di Virginia , W. Christopher Winter, mengatakan bahwa 20-25 menit merupakan rentang waktu yang sempurna untuk tidur siang bagi banyak orang pada umumnya. Mungkin bagi Anda waktu tersebut cukup singkat, tetapi memiliki dampak yang besar. Dengan tidur siang, pikiran dan tubuh Anda kembali segar untuk beraktivitas.

3 dari 6 halaman

Jadwalkan tidur siang Anda sejak pagi hari

2. Jadwalkan tidur siang Anda sejak pagi hari

Jadwalkan tidur siang Anda sejak pagi hari (sumber. foason.com)
Menjadwalkan waktu tidur siang bukanlah hal yang sepele karena memiliki dampak besar bagi tubuh dan pikiran Anda. Waktu yang paling baik untuk menyusun jadwal tersebut adalah pada pagi hari karena Anda lebih bisa memutuskan kapan akan tidur siang.

4 dari 6 halaman

Matikan lampu, cari ruangan gelap, atau gunakan penutup mata

3. Matikan lampu, cari ruangan gelap, atau gunakan penutup mata

Matikan lampu, cari ruangan gelap, atau gunakan penutup mata (sumber wagyu.com)
Ketika Anda berada di kantor, carilah sebuah ruangan gelap atau gunakan penutup mata untuk membantu tidur siang yang lebih berkualitas. Gangguan cahaya baik dari lampu dan matahari tak akan memaksimalkan tidur siang Anda.

5 dari 6 halaman

Kecilkan suara riuh di sekitar Anda

4. Kecilkan suara riuh di sekitar Anda

Kecilkan suara riuh di sekitar Anda atau bisa gunakan penutup kuping (sumber. .earplugstore.com)
Selain cahaya lampu dan matahari, suara riuh di sekitar Anda merupakan salah satu tantangan untuk tidur siang. Carilah tempat yang cukup tenang untuk tidur siang jika ingin bangun dengan segar dan efektik meningkatkan produktivitas. Namun, jika kesulitan mencari tempat tenang, Anda bisa menggunakan penutup telinga yang memiliki bahan lembut.

6 dari 6 halaman

Pasang aroma terapi

5. Pasang aroma terapi

Pasang aroma terapi (sumber. canadianliving.com)
Dalam sebuah studi motorik pada tahun 2012, aroma terapi, seperti lavender akan meningkatkan kualitas tidur. Gunakan beberapa aroma terapi yang memiliki bau tak terlalu menyengat untuk menemani tidur siang Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.