Sukses

Tenun Khas Toraja Bakal Tampil di Indonesian Fashion Week

Kain tenun khas Toraja akan diperkenalkan di "Indonesian Fashion Week" yang akan digelar pada 10-13 Maret mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) Sulawesi Selatan Ida Noer Haris mengatakan kain tenun khas Toraja akan diperkenalkan di Indonesian Fashion Week yang akan digelar pada 10-13 Maret 2016.

"Tujuh desainer yang tergabung dalam APPMI Sulsel akan ambil bagian di event fashion besar berskala internasional tersebut dengan memperkenalkan keunikan dan kekhasan kain tenun Toraja," kata Ida di Makassar, Rabu, 24 Februari 2016.

 

 

Menurut Ida yang juga Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel itu, tema yang akan diusung para desainer Sulsel adalah Toraja Wonder Land dan Celebes Bahari.

Dalam perhelatan fashion tersebut, pihaknya akan mempromosikan kekayaan dan ragam corak tenunan asal Sulsel yang dikemas dalam busana yang menarik.

"Setiap desainer akan memamerkan minimal 15 karyanya," tuturnya. 

Ida mengatakan selama ini Tana Toraja hanya dikenal melalui kekayaan budaya dan keindahan panorama alam. Padahal, Tana Toraja juga punya kain tenun yang unik dan berkualitas. "Ini yang belum banyak diketahui," kata Ida.

Dalam mengikuti perhelatan nasional tersebut, Ida mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel, Bank BNI, dan Bank Sulselbar.

"Ke depan, kita juga akan bersinergi dengan para penenun tradisional untuk menghasilkan produk kain yang lebih menarik, variatif, dan bernilai jual tinggi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini