Sukses

4 Kiat Menerjemahkan Mimpi Anda

Kebanyakan kita bisa mengingat mimpi saat bangun dari tidur. Namun ada juga yang lupa.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan kita bisa mengingat mimpi saat bangun dari tidur. Agar tak lupa, sediakan sehelai kertas dan pena untuk mencatat seluruh bayangan mimpi yang membekas dalam ingatan begitu terbangun.

Suz Andreasen, ahli mimpi memberikan kiat bagaimana menerjemahkan mimpi. Dalam bukunya berjudul Dreming the Future: The Ultimate Dream Guide, Andreasen memberi panduan berikut.

 

1. Usahakan mengingat mimpi. Kalau tidak, Anda segera lupa. Luangkan waktu sekitar dua menit setiap pagi saat bangun tidur untuk memikirkan apa pun mimpi Anda.

2. Tuliskan pikiran Anda pada sehelai kertas. Catat lambang-lambang, warna, angka-angka yang mencolok di dalam mimpi Anda. Catatan ini akan menjadi referensi betapa uniknya mimpi Anda.

3. Terapkan simbol dalam hidup. Menurut Andreasen, Anda adalah penafsir mimpi paling hebat atas mimpi-mimpi Anda sendiri karena mimpi bersifat personal. Meski begitu, ada beberapa tema universal misalnya jatuh atau dikejar. Keduanya melambangkan perasan Anda yang merasa kurang berdaya. Kadang ada juga simbol yang hanya berarti bagi orang yang memimpikannya.

4. Simpan catatan Anda. Periksa kembali di hari lain untuk melihat apakah artinya makin jelas. Menurut Andreasen, mimpi-mimpi merupakan pekerjaan yang terus berkembang. Apa yang Anda lakukan akan membuatnya bermakna.

Andreasen menyebutkan, belajar mendapat petunjuk, menerjemahkan mimpi memang tidak mudah. Namun, Anda tetap bisa mulai belajar dengan mencoba menghubungkan semua data-data yang ada dalam pikiran.

Misalnya, Anda berniat bertunangan dengan si dia. Lalu dalam mimpi, Anda seakan dicekik. Mimpi itu bisa jadi tanda, Anda belum siap menjalani hubungan lebih serius dengannya. Coba cocokkan mimpi Anda dengan kamus petunjuk mimpi yang beredar di pasaran.

Kamus ini bisa jadi arahan tentang simbol-simbol yang sifatnya universal. Sementara untuk simbol individual, buku catatan Anda sendiri jelas lebih akurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini