Sukses

Transit di Hong Kong, Cobalah Jalan-jalan Singkat

Menyadari banyak wisatawan yang sekadar transit, Hong Kong memberi sejumlah kemudahan.

Liputan6.com, Jakarta Hong Kong merupakan salah satu tempat transit yang penting di dunia mengingat posisinya yang strategis. Hong Kong International Airport atau HKIA sering menjadi tempat persinggahan pesawat yang akan melakukan penerbangan jarak jauh.

Menyadari banyak wisatawan yang sekadar transit, Hong Kong memberi sejumlah kemudahan. Bila pesawat Anda transit cukup lama di Hong Kong, tidak ada salahnya untuk jalan-jalan ke luar bandara dan melihat keindahan Hong Kong. Apalagi bagi warna negara indonesia akan mendapatkan Visa on Arrival untuk mengunjungi Hong Kong.

Transportasi dari dan ke HKIA sangat mudah. Pasalnya Hong Kong memiliki transportasi publik yang sangat baik mulai dari bus, taksi hingga kereta bawah tanah (MTR).

Jika Anda merupakan wisatawan transit, ada baiknya menitipkan barang bawaan yang tidak perlu di bawa saat jalan-jalan singkat di tempat penitipan barang (Left Baggage) yang terdapat di Terminal 1 dan 2.

Setelah beres urusan menitipkan barang, yang harus dituju adalah loket penjualan tiket. Di sini Anda bebas memilih akan memakai kereta cepat atau menumpang bus untuk kemudian berlanjut naik MTR.

Untuk dapat naik bus atau MTR harus membeli Octopus Card (kartu serba guna). Octopus Card dapat dibeli senilai 150 HKD. 50 HKD nya digunakan sebagai deposit dan baru akan dikembalikan jika kita mengembalikan kartu tersebut saat balik ke bandara.

Bila waktu transit hanya sekitar sembilan jam maka waktu efektif untuk jalan-jalan mungkin hanya enam jam. Oleh karena itu pilihlah objek wisata yang tidak terlalu jauh dari HKIA.

Kereta yang akan membawa para wisatawan ke Dislneyland dari Sunny Bay

Di dekat HKIA sebenarnya terdapat dua objek wisata menarik yakni Disneyland Hong Kong dan Ngong Ping 360. Untuk menuju Ngong Ping 360, cukup naik bus S1 atau S56 menuju stasiun Tung Chung.

Sedangkan untuk ke Dislneyland dari Tung Chung perlu melanjutkan dengan MTR ke stasiun Sunny Bay. Dari sana, kita kemudian berganti naik kereta khusus untuk ke Disneyland. Kereta yang membawa pengunjung ke Disneyland didesain spesial bertemakan tokoh-tokoh Disney.

Bagi yang hobi berbelanja, mungkin waktu singkat saat transit dapat dimanfaatkan dengan mengunjungi Tsim Sha Tsui. Tempat ini dapat dituju dengan naik MTR dari Stasiun Tung Chung.

Di Tsim Sha Tsui terdapat banyak pusat perbelanjaan untuk memuaskan hasrat belanja. Mulai dari Miramar Mall, The One hingga Harbour City Mall.

Masih di daerah Tsim Sha Tsui, ada Garden of Stars, tempat penampungan sementara di saat Avenue of Stars sedang direnovasi. Di Garden of Stars, Anda bisa menemukan patung Bruce Lee serta cap tangan artis-artis kenamaan Hong Kong seperti Jackie Chan, Jet Li hingga Andy Lau.

i Garden of Stars, Anda bisa menemukan patung Bruce Lee serta cap tangan artis-artis kenamaan Hong Kong seperti Jackie Chan, Jet Li hingga Andy Lau

Setelah asyik menikmati wisata singkat, jangan lupa kembali ke bandara minimal satu jam sebelum keberangkatan pesawat. Sebab HKIA sangat luas dan memiliki ratusan gate. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini