Sukses

Menikmati Kelezatan Poutine, Makanan Khas Kanada

Saat berkunjung ke Kanada, Poutine menjadi kuliner khas yang wajib Anda coba.

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke negara lain tentu tak lengkap tanpa menyicipi kuliner khas negara tersebut. Bila Anda jalan-jalan ke Kanada, Poutine menjadi makanan yang tidak boleh dilewatkan.

Poutine terbuat dari kentang goreng yang dipadukan dengan serpihan keju, disiram saus kental panas berwarna coklat. Poutine paling nikmat disantap saat masih hangat. Panasnya saus bakal membuat keju sedikit meleleh.

Awalnya Poutine berasal dari provinsi Quebec, namun karena memiliki rasa yang lezat, hidangan ini menjadi sangat populer di seantero Kanada.

Tak sulit menemukan Poutine di restoran-restoran di Kanada, termasuk di kota Toronto yang dikunjungi Liputan6.com pertengahan Februari lalu. Hampir seluruh kafe maupun restoran menyajikan Poutine sebagai menu tambahan.

Saking populernya Poutine di Kanada, ada restoran cepat saji yang khusus menjual Poutine yakni Smoke's Poutinerie, yang telah berdiri sejak 2008 di Toronto.

Poutine memiliki berbagai varian topping, antara lain jamur, daging sapi, ayam, dan babi.

Mengikuti perkembangan zaman, Poutine tidak lagi hanya berupa kentang goreng dan keju. Di Smoke's Poutinerie, Poutine disajikan dengan berbagai varian topping. Ada yang memakai jamur, daging sapi, ayam, hingga babi.

Smoke's Poutinerie memiliki banyak gerai di seantero Kanada. Bahkan mereka juga sudah merambah negara tetangga, Amerika Serikat.

Salah satu gerai milik Smoke's Poutinerie ada di Air Canada Centre, markas klub bola basket Toronto Raptors. Saat NBA All-Star 2016 digelar di Air Canada Centre, gerai Smoke's Poutinerie cukup ramai diserbu penonton NBA dari berbagai negara.

Mereka ingin mencicipi kelezatan Poutine sambil menonton pertandingan basket. Sayangnya gerai Smoke's Poutinerie di Air Canada Centre tidak menyajikan menu selengkap gerai di tempat lain. Hanya ada Poutine tradisional dan dengan irisan daging babi.

Harga seporsi Poutine yang dijual Smoke's Poutinerie di Air Canada Centre cukup mahal. Untuk yang tradisional dibanderol 9,50 dolar Kanada (Rp 90 ribu). Namun satu porsi Poutine ini sudah mengenyangkan karena ukurannya yang besar, selain juga rasanya yang nikmat. (Thomas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini