Sukses

Ketahui 6 Fakta Tentang Pangsit agar Lebih Nikmat Saat Bersantap

Pangsit atau dumpling merupakan makanan asal China yang populer. Cari tahu enam fakta menariknya di sini

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda penggemar masakan China, pasti mengenal dengan baik hidangan bernama dumpling atau lebih dikenal pangsit. Dilihat dari namanya saja, Anda bisa membayangkan bentuk rasanya.

Pangsit rebus atau dalam bahasa China, Jiao Zi, biasanya berisi daging cincang dan sayuran potong lalu dibungkus dengan adonan pangsit yang dibuat tipis dan elastis sebagai kulitnya. Daging yang umum digunakan sebagai isi pangsit adalah daging babi, sapi, ayam, udang, dan ikan.

Pangsit juga memiliki ragam penyajian mulai dari dikukus, seperti dim sum, sampai digoreng. Namun tak jarang masih ada orang yang keliru perihal pengetahuan tentang pangsit.

Seperti dilansir dari Buzzfeed pada Sabtu (20/2/2016) melalui wawancara mereka bersama Eksekutif Chef Restoran Dan Hong di Sydney, Mr Wong dan Dendy Harjanto, Australasian Direktur Din Tai Fung, Liputan 6.com merangkum 6 fakta yang harus Anda ketahui tentang pangsit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara makan pangsit paling baik adalah dengan sekali gigit

1. Cara makan pangsit paling baik adalah sekali gigit

Cara makan pangsit paling baik adalah dengan sekali gigit (sumber. Buzzfeed.com)
Menurut Harjanto, cara makan pangsit paling baik dengan sekali santap. Anda akan merasakan kombinasi adonan isi yang tercampur di dalamnya.

2. Jika tak bisa pakai sumpit, gunakan tangan Anda

Pangsit (sumber, Buzzfeed.com)
Salah satu ciri khas gaya makan Negara Tirai Bambu, China adalah menggunakan sumpit. Namun, tak semua orang bisa menggunakannya, khususnya ketika menyantap pangsit. Jika Anda tak bisa memakai sumpit untuk menyantapnya, gunakan tangan.

3 dari 4 halaman

Campur saus dengan cuka dalam tempat yang sama

3. Campur saus dengan cuka dalam tempat yang sama

Pangsit Isi sayur menu tepat untuk Anda Vegetarian
Untuk mendapatkan rasa dan kenikmatan terbaik ketika menyantap pangsit, campurkanlah saus dan cuka dalam tempat yang sama. Sebelum menyantap pangsit, Anda bisa mencelupkanya pada campuran saus dan cuka.

4. Pangsit merupakan bagian dari dim sum

Pangsit bagian dari dim sum (sumber. Buzzfeed.com)
Jangan kaget jika Anda menemukan kesamaan bentuk antara pangsit dan dim sum. Hal tersebut karena pangsit merupakan bagian dari dim sum. Hakikatnya pangsit merupakan bentuk kecil dari dim sum yang ditujukkan sebagai camilan ketika siang hari.

4 dari 4 halaman

Xiao Long Bao berbeda dengan pangsit atau pun dim sum pada umumnya

5. Xiao Long Bao berbeda dengan pangsit atau pun dim sum pada umumnya

Xiao Long Bao berbeda dengan pangsit atau pun dim sum pada umumnya (sumber. buzzfeed.com)
Jika dilihat memiliki bentuk yang sama dengan pangsit dan dim sum, tetapi Xiao long bao memiliki perbedaan pada kota asal pembuatannya. Xiao long bao berasal dari regional Jiangnan di China yang cara memasaknya dengan dikukus dalam keranjang bambu.

6. Ketika membuat pangsit di rumah, jaga ukurannya tetap kecil

 Ketika membuat pangsit di rumah, jaga ukurannya tetap kecil (sumber. buzzfeed.com)

Pangsit memiliki bentuk, seperti paket-paket kecil karena memang dirancang untuk sekali santap. Jika Anda membuat ukurnanya terlalu besar akan membuat cita rasanya berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.