Sukses

Warga Balangan Manfaatkan Bantaran Sungai sebagai Wisata Kuliner

Warga Balangan, Kalimantan Selatan, memanfaatkan bantaran sungai Balangan sebagai pusat wisata kuliner

Liputan6.com, Jakarta Warga Balangan, Kalimantan Selatan, memanfaatkan bantaran sungai Balangan sebagai pusat wisata kuliner sehingga warga bisa menikmati lezatnya makanan khas daerah sekaligus menikmati indahnya sungai Balangan pada malam hari.

Salah satu warga Paringin Iky Munanda di Balangan Selasa mengatakan, pengembangan wisata kuliner di pinggiran sungai Balangan tersebut, diharapkan selain akan menjadi wisata baru bagi masyarakat, juga menjadi peluang bisnis bagi masyarakat.

"Wisata kuliner pinggiran sungai Balangan ini merupakan satu terobosan baru, bagi pengembangan wisata daerah sekaligus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Menurut dia, pusat kuliner atau disebut Kariwaya Warung Kuliner (KWK) di pinggiran sungai tersebut terinspirasi dari pusat wisata kuliner di kota Banjarmasin.

"Kota Banjarmasin telah sukses membangun siring pinggiran sungai menjadi pusat wisata baru, kita juga ingin seperti itu," katanya.

KWK sendiri kata dia, dibuka mulai pukul 15.00 wita hingga dini hari, tergantung pengunjung dan cuaca, karena tempatnya alam terbuka di bawah pepohonan rindang.

Ia juga membuat rakit atau siring disebut lanting sebagai tempat santai para pengunjung, sambil menikmati hidangan yang tersedia.

Kedepan lanjut dia, diharapkan Pemerintah Kabupaten Balangan bisa merealisasikan pembuatan siring di sisi sungai Balangan, sehingga terlihat lebih indah dan nyaman bagi warga Balangan yang ingin bersantai.

Pengembangan wisata sungai tersebut, mendapatkan sambutan cukup antusias dari warga, dan menjadi tempat nongkrong warga Balangan.

Di pusat kuliner KWK yang berada di seberang taman Sanggam Paringin Kota, di bantaran sungai batang Balangan, pengunjung mangaku bisa bersantai untuk melepas penat bersama keluarga setelah bekerja.

Bukan hanya kalangan pemuda dari dalam dan luar daerah, namun para pejabat Pemkab setempat serta para anggota Mapolres Balangan pun sering berkumpul sambil bersantai di tempat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.