Sukses

Valentine, Cinta, dan Warna Pink

Mengapa warna yang kerap digunakan orang untuk menyimbolkan Hari Valentine adalah merah, pink, dan putih?

Liputan6.com, Jakarta Hari Valentine dikenal oleh masyarakat dunia sebagai kesempatan untuk merayakan cinta. Warna yang kerap digunakan orang untuk menyimbolkan hari ini adalah merah, pink, dan putih. Hari Valentine juga identik dengan hadiah berupa cokelat dan bunga. Maka tak heran bungkus hadiah bahkan pilihan warna bunga untuk hadiah didominasi oleh ketiga warna tadi.

Hari ini 14 Februari dikenal sebagai hari Valentine. Anda yang ingin memberikan hadiah kreatif. Yuk, simak video berikut ini.

Lantas mengapa warna merah, pink, dan putih kerap menjadi simbol Valentine? Apa dasar dan tujuannya? Liputan6.com merangkum jawabannya dari sejumlah sumber, Selasa (9/2/2016) sebagai berikut.

Selain sebagai simbol cinta ternyata Bunga Mawar memiliki khasiat mistis. Menanam Bunga Mawar di depan rumah diyakini mampu menangkal santet. (Reuters)

Merah berhubungan dengan energi, kekuatan, dan bahaya. Namun itu juga menyimbolkan hasrat dan cinta. Warna itu juga mampu meningkatkan denyut jantung, napas, dan tekanan darah. Merah juga berhubungan dengan seks, tentu saja.

Sejumlah studi menyebutkan, wanita lebih dapat menarik pria termasuk secara seksual dalam pakaian merah. Ternyata hasil ini juga berlaku sebaliknya. Misalnya, pria memakai dasi berwarna merah akan lebih menarik perhatian wanita.

Sekumtum mawar ditempatkan di dinding peringatan Tembok Berlin di sepanjang jalan Bernauer Strasse selama upacara menandai ulang tahun ke-26 runtuhnya Tembok Berlin, Jerman, Senin (9/11). (REUTERS/Hannibal Hanschke)

Sementara warna pink menunjukkan kasih sayang, perilaku manis, dan pengertian. Karena diciptakan dari warna merah dan putih, warna pink dipercaya mewakili kepolosan dan keperawanan. Pink terang menunjukkan keanggunan, kelembutan, kekaguman, dan persahabatan. Sementara pink gelap menunjukkan rasa berterima kasih, kekaguman, dan syukur.

Mawar pink. Foto: Rose for Love

Mawar putih menyimbolkan cinta, ketulusan, rasa hormat dan kerendahan hati. Mawar putih juga bisa berkonotasi dengan kesetiaan, komponen berharga dalam Setiap hubungan cinta.

Apa saja ya, fakta dibalik pembelian hadiah valentine?

Tradisi merayakan Valentine berawal dari banyak versi sejarah. Salah satu kisah yang paling umum adalah pemuka agama Saint Valentine yang dibunuh pada abad ketiga karena menikahkan pasangan yang melawan keputusan kaisar. Meskipun tradisi dan kisah terus berubah, warna utama untuk bunga, bungkus kado, dan kartu ucapan tetaplah sama, merah, pink, dan putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini