Sukses

6 Suara Mistis di Rumah dan Penyebabnya

Seringkali Anda mendengar suara-suara mistis dan misterius di rumah. Apakah Penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Suara mistis yang terdengar misterius seringkali hadir rumah Anda. Tenang, jangan terburu-buru khawatir, suara mistis itu bukan berasal dari makhluk halus. Melainkan dari perabotan rumah tangga atau bintang-binatang pengerat di rumah Anda.

Dilansir dari Good Housekeeping, Rabu (3/2/2016) ada sejumlah suara yang seharusnya tidak ada di rumah Anda. Untuk itu Anda perlu menyelidiki penyebabnya agar dapat menghentikan suara-suara misterius tersebut. 

 Baca Juga

    1. Ada suara misterius menyerupai air mengalir, padahal tak ada seorang pun di kamar mandi

    Mungkin ada saluran air di rumah Anda yang bocor. Jika suara seperti ini kerap terdengar, maka matikan sumber air di rumah dan cek satu persatu pipa air yang terlihat di rumah. Jika ada yang bocor, maka tambal lah dengan lakban khusus.

    2. Air conditioner Anda berdecit

    AC selalu bergetar setiap kali digunakan, maka komponennya mudah mengendur jika sudah lama tidak di-servis. Suara decitan bisa jadi karena sabuk kipas pada AC Anda telah longgar. Jika suara yang mengganggu seringkali terdengar, maka Anda dapat meminta bantuan profesional.

    3. Suara letupan pada kompor gas

    Aliran gas yang tidak sempurna pada kompor gas bisa menyebabkan penumpukan gas. Ini akan menimbulkan letupan kecil pada saat Anda menghidupkan kompor. Jika terjadi seperti ini, maka sebaiknya Anda lekas memperbaiki kompor gas Anda untuk mencegah ledakan.

    4. Suara gaduh di loteng

    Kegaduhan yang berasal dari loteng terutama pada malam hari bisa disebabkan oleh populasi hewan pengerat di rumah Anda. Bukan hanya kegaduhan, mereka mungkin bisa menyebabkan masalah yang lebih besar seperti rusaknya kabel listik dan genting karena eratan mereka.

    5. Lampu berdengung

    Jika Anda mendengar ada suara misterius seperti dengungan pada lampu, ini menandakan kendurnya koneksi lampu. Sebaiknya Anda segera memperbaikinya karena koneksi yang kendur bisa menyebabkan percikan api yang memicu korsleting.

    6. Lampu kulkas yang selalu menyala

    Kulkas biasa akan menyala beberapa waktu sekali yang ditandai dengan dengungan. Namun ketika kulkas Anda terus menyala, bisa jadi ini adalah masalah suhu. Maka pastikan tidak ada benda yang menghalangi mesin kulkas. Tanpa disadari hal ini biasanya terjadi ketika kulkas Anda terlalu penuh.

    * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.