Sukses

4 Buah Bekal Kebahagiaan

Berikut adalah 4 buah bekal dari kebahagiaan yang penting untuk diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti sering membaca tips-tips untuk membuat hidup bahagia, namun apakah Anda pernah tahu bahwa kebahagiaan memerlukan beberapa bekal dasar untuk mewujudkan. Seperti dilansir dari dummies.com, Selasa (26/1/2016), tanpa beberapa bekal dasar berikut ini, Anda tidak akan memahami bagaimana membuat diri Anda sendiri merasa bahagia, dalam keadaan yang buruk.

1. Keamanan dan kebahagiaan

Memang tidak semua orang hidup di lingkungan yang aman. Ada hubungan yang sangat erat antara perasaan terancam yang dialami seseorang dengan psikologis orang tersebut. Memiliki perasaan terancam menumbuhkan ketakutan, ketidakpastian, dan kesulitan untuk menimbulkan perasaan bahagia dari dalam diri sendiri. Seberapa aman keadaan yang Anda rasakan saat ini? Jika Anda merasa tidak aman, maka Anda sulit untuk bahagia.

2. Rasa Puas

Orang bahagia adalah orang-orang yang merasa cukup dan menghargai apa yang ia miliki saat ini.
Anda mungkin pernah bertanya, siapakah yang memutuskan apakah yang Anda miliki saat ini sudah cukup atau belum. Jawabannya adalah diri Anda sendiri. Anda yang dapat memutuskan apakah yang Anda miliki saat ini sudah cukup. Jika Anda tidak pernah merasa cukup dalam hidup, maka kebahagiaan adalah suatu pencarian tanpa akhir bagi Anda.
Mencari kebahagiaan seperti berjalan di atas treadmill, Anda akan terus mencari hal baru untuk membuat diri Anda sendiri bahagia.

Dengan kata lain, kebahagiaan selalu berada satu langkah di depan Anda. Cobalah untuk merenung dan tanyakan pada diri Anda sendiri, hal-hal apa saja yang Anda rasa itu cukup dan hal-hal apa saja yang Anda merasa itu belum cukup.

Tidak ada seorang pun yang memiliki semua hal yang ia inginkan. Anda mungkin mempunyai banyak uang, namun tidak dengan teman. Atau sebaliknya, Anda mungkin mempunyai banyak teman, namun tidak dengan uang. Yang perlu diingat adalah Anda dapat merasa bahagia, walaupun hidup Anda tidak 100 persen penuh. Namun, Anda tidak akan merasa bahagia, jika hidup Anda kosong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebahagiaan

3. Perspektif kebahagiaan

Mencari sebuah kebahagiaan akan selalu meminta Anda untuk mundur sejenak dari hidup Anda, dan melihatnya melalui sebuah gambaran yang lebih besar tentang hidup Anda selama ini. Inilah yang disebut sebagai perspektif, dan sangat sedikit orang yang bisa memilikinya.

Setelah semuanya, kebahagiaan bukanlah apa yang sedang Anda lakukan saat ini, namun tentang dampak dari apa yang Anda lakukan dalam hidup Anda, baik atau buruk. Jika dampak yang dihasilkan baik, maka kebahagiaan akan mengikutinya. Jika dampaknya buruk, maka ketidakbahagiaan yang akan dirasakan.

4. Meraih kebahagiaan melalui ketenangan

Anda akan menemukan kebahagiaan ketika Anda berada dalam keadaan tenang dan terkendali. Anda memerlukan sebuah tempat untuk Anda dapat meraih ketiga elemen lainnyan dan merasa bahagia. Suatu tempat yang membuat Anda merasa aman, bersyukur, dan memungkinkan Anda untuk melihat melalui beberapa perspektif.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.