Sukses

Tips Dekorasi Dapur Berdasarkan Ramalan Feng Shui

Dapur merupakan elemen penting dari rumah, letaknya yang sesuai feng shui akan mendatangkan keberuntungan.

Liputan6.com, Jakarta Dekorasi dapur ternyata dapat berpengaruh pada keberuntungan. Hal ini ada dalam kepercayaan China atau yang lebih dikenal dengan feng shui. Selain keberuntungan, dekorasi dapur yang benar menurut feng shui dapat mempengaruhi keharmonisan dan kesehatan penghuni rumah, terutama jika hal itu menyangkut tata letak kompor.

Penempatan kompor merupakan faktor penting pada dapur. Jika sebuah kompor salah penempatannya, dapat mengaktifkan 'Qi' negatif yang mempengaruhi seluruh rumah tangga. Ini bisa saja membawa masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, emosi, dan temperamen bagi penghuninya. Jadi, di mana seharusnya kompor diletakkan dalam dapur rumah Anda?

Rumah modern saat ini memiliki dapur yang luas. Peralatan dapur seperti kompor mungkin tampak mewah. Hal ini membuat aturan penempatan kompor tidak lagi dipedulikan. Beberapa dapur bahkan menempatkan kompor pada bagian tengah. Padahal idealnya, kompor harus dipasang di tepi dinding solid untuk melindunginya.

Melansir dari Homeanddecor, Senin (21/1/2016), kompor adalah fitur 'Yin', yang melengkapi unsur 'Yang' dari pintu utama. Kata kunci di sini adalah 'stabilitas', seperti halnya kompor tidak terkena 'Qi' yang datang dari segala arah jika Anda menempatkannya di tengah. Dengan demikian, alasan meletakkan kompor di sisi dinding yang kokoh adalah agar api tidak mengenai banyak sisi, hanya pada satu sisi dinding saja. Konsep yang sama harusnya juga berlaku untuk kompor portable.

Ketentuan lainn adalah kompor tidak harus ditempatkan di seberang tempat cuci atau elemen air lainnya. Hal ini akan membuat elemen api dan air berdekatan, yang menyebabkan ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Namun, Anda dapat menempatkan tempat mencuci atau washtafel di seberang kompor, dan sebisa mungkin memastikan washtafel dan kompor tidak ditempatkan di sisi yang sama. Selain itu Anda juga menghindarkan kompor sejajar dengan pintu dapur.

Hal yang perlu diingat bahwa jika Anda ingin memanfaatkan desain dapur menurut feng shui ini, pastikan Anda membuat ruangan yang lapang di depan kompor. Usahakan tidak membuat dapur dengan ruangan yang terbatas. Jika Anda mempercayai kebaikannya, Anda dapat meng-aplikasikannya pada dapur Anda. Selamat mencoba!

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.