Sukses

Kisah Gadis yang Terlihat Bak Nenek-Nenek, Berulang Tahun Ke-15

Inilah kisah Magali Gonzalez Sierra, remaja dengan sebuah penyakit langka yang membuat penampilannya bagai nenek berusia 90 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Seperti remaja perempuan kebanyakan, Magali Gonzalez Sierra suka berdansa, mendengarkan musik, mengkoleksi benda-benda berwarna pink, dan makeup. Namun tidak seperti teman-temannya, gadis ini terperangkap di dalam tubuh seperti nenek berusia 90 tahun. Ia pun tidak bisa berpenampilan seperti remaja pada umumnya.

Magali merupakan gadis asal Colombia yang menderita sebuah penyakit langka. Penyakit ini disebut dengan sindrom Hitchinson Gluford Progeria, kondisi genetik fatal yang dikarakteristikkan dengan percepatan penuaan penampilan pada anak-anak.

Sejak diidentifikasi menderita penyakit ini, Magali telah membuat cemas kedua orangtuanya. Sebab, mereka mengkhawatirkan bila anak sulungnya itu tidak bisa bangun lagi suatu hari.

Magali Gonzalez Sierra bersiap merayakan ulang tahunnya ke-15 di El Cabuyal, Kolombia, 16 Januari 2016. Magali menderita progeria, kelainan genetik yang membuat tubuhnya cepat tua sehingga memiliki tubuh setara wanita berusia 90 tahun. (AFP/LUIS ROBAYO)

Namun dengan menginjak usia 15 tahun, ia telah melampaui harapan hidupnya yang diprediksi hanya sampai usia 13 tahun. Inilah yang membuat perayaan ulang tahunnya kali ini terasa lebih spesial.

Magali Gonzalez Sierra dirias sebelum perayaan ulang tahunnya ke-15 di El Cabuyal, Kolombia, 16 Januari 2016. Magali menderita progeria, kelainan genetik yang membuat tubuhnya cepat tua hingga memiliki tubuh setara wanita usia 90 tahun. (AFP/LUIS ROBAYO)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari spesial

Orangtuanya pun sengaja ingin membahagiakan gadis mungil itu pada hari spesialnya. Magali dipakaikan gaun seperti seorang putri dan dibuatkan pesta besar serta dibanjiri hadiah.

Dikutip dari Publimetro, Kamis (21/1/2016), ibu Magali, Sofia, mengatakan anaknya itu menginginkan sebuah pesta ulang tahun. Meskipun ia tidak bisa berdansa, tetapi ia ingin semua orang berdansa di pestanya.

Magali Gonzalez Sierra berselfie sebelum merayakan ulang tahun ke-15 di El Cabuyal, Kolombia, 16 Januari 2016. Magali menderita progeria, sebuah kelainan genetik yang membuat gadis kecil itu memiliki tubuh setara wanita berusia 90 tahun. (AFP/LUIS ROBAYO)

Sebagai informasi, penyakit Magali sebenarnya merupakan mutasi gen LMNA. Gen tersebut memproduksi protein Lamin A yang mengikat nukleus atau inti sel. Fungsi protein Lamin A yang memburuk membuat nukleus tidak stabil dan membuat penuaan terjadi lebih cepat.

Magali Gonzalez Sierra digendong ayahnya saat akan merayakan ulang tahun ke-15 di El Cabuyal, Kolombia, 16 Januari 2016. Magali menderita progeria, kelainan genetik yang membuat gadis kecil itu memiliki tubuh setara wanita usia 90 tahun. (AFP/LUIS ROBAYO)

Magali Gonzalez Sierra didandani sebelum merayakan ulang tahun ke-15 di El Cabuyal, Kolombia, 16 Januari 2016. Magali menderita progeria, sebuah kelainan genetik yang membuat gadis kecil itu memiliki tubuh setara wanita berusia 90 tahun. (AFP/LUIS ROBAYO)

Magali Gonzalez Sierra (tengah) berbincang dengan temannya sebelum merayakan ulang tahun ke-15 di El Cabuyal, Kolombia, 16 Januari 2016. Magali menderita progeria, kelainan genetik sehingga memiliki tubuh setara wanita berusia 90 tahun. (AFP/LUIS ROBAYO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini