Sukses

Memandang Perjalanan Batik Bersama Edward Hutabarat

Perancang papan atas Indonesia, Edward Hutabarat merangkum perjalanan kain-kain batik ke dalam sebuah karya "Batik Journey".

Liputan6.com, Jakarta Batik telah lama dikenal sebagai salah satu kekayaan budaya nusantara. Namun, tak sedikit orang yang mengerti bagaimana cara membuat batik sejak awal hingga menjadi kain cantik yang menarik. Jarang pula orang yang tahu ciri-ciri batik yang dibuat dari setiap daerah di Indonesia.

Perancang papan atas Indonesia Edward Hutabarat, yang sudah 35 tahun berkarya di dunia mode pun ingin merangkum semua proses tersebut dalam sebuah karya pagelaran bertajuk "Batik Journey". Edward ingin menceritakan perjalanan kain batik dari mulai awal dibuat, dalam prosesnya, serta bagaimana sebuah kain menjadi sebuah busana siap pakai yang elegan.

Seperti sebelumnya, desainer dengan panggilan akrab Bang Edo selalu mengemas batik menjadi busana yang simpel dan cantik. Namun, kali ini Edward juga menunjukkan sebuah proses perjalanan yang perlu diketahui semua penikmat karyanya. Pada babak pertama, Edo mempertunjukkan batik bermotif garis atau stripe lining seperti lurik yang menjadi identitas karya Edo sebelumnya bertajuk "Part One".

Koleksi

Bila dulu motif tersebut dibuat dari bahan american cotton, kemudian ditransformasi menggunakan lurik, maka saat ini Edo melahirkan kembali motif bergaris tersebut dengan teknik Batik. Motif bergaris itu kini hadir bukan hanya sebagai aksentuasi, tetapi menjadi “pemain utama” berupa lembaran kain utuh yang dikreasikan ke dalam berbagai potongan gaun. Selain itu koleksi busana wanita bernuansa leisure ini, juga banyak menggunakan dari bahan sutra organza yang terkesan ringgan dan mengembang.

Koleksi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Batik Journey

Edo juga menggabungkan dua buah motif batik dalam satu busana. Seperti, motif garis lurik dengan motif bunga buketan yang menjadi sebuah dress maxi yang cantik.

Koleksi

Batik seperti sebuah lukisan, oleh karena itu Edo pantang menggunting atau memotong kain Batik. Apalagi, jika motif batik yang dibuat adalah motif Sawunggaling yang memiliki makna tentang sebuah kekuatan dan kemenangan. Edo memilih pendekatan baru, dengan membuat pola terlebih dahulu. Baru setelah pola itu lahir, kain-kainnya siap untuk di-Batik. Ini perlu dilakukan agar proses interaksi dengan para artisan batik itu dilakukan sejak awal.

“Saya ingin ketika busana saya dikenakan, burung-burung di dalam motif Sawunggaling itu terlihat seperti terbang,” kata Edo saat diwawancarai setelah fashion show berlangsung, pekan lalu.

Koleksi

Berbagai motif Sawunggaling diaplikasikan di atas material sutera atau satin, yang ditransformasi ke dalam potongan gaun cocktail hingga long dress. Beberapa terlihat mengembang cantik, dengan aplikasi lace atau tulle yang implisit.

Koleksi

3 dari 3 halaman

Batik Journey

Melalui “Batik Journey”, Edo juga melansir koleksi Kimono khusus untuk pria, yang meleburkan dua kutub kebudayaan berbeda. Busana berpola T-shaped yang identik dengan busana tradisional Jepang ini diimplementasi di atas kain Batik. Kimono Batik ala Edo terlihat mewah dan subtle. Untuk pria, Kimono Batik ini disandingkan dengan kain lurik. Ada yang panjang semata kaki, ada pula yang muncul sebagai jaket atau luaran yang praktis. Bravo!

Koleksi

Koleksi

Koleksi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini