Sukses

10 Hal Tak Terduga yang Pengaruhi Mimpi Anda

Beberapa hal berikut ini, tak disangka dapat mempengaruhi mimpi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang mau mengalami mimpi buruk di saat tidur? Tentu sebisa mungkin Anda ingin menghindari hal ini terjadi pada Anda. Namun, tahukah Anda penyebab, mimpi buruk yang kerap menghampiri Anda saat tidur malam?

Dikutip dari Cosmopolitan, Rabu (20/1/2016), mimpi adalah hasil kerja otak terhadap masalah yang belum selesai. Namun sebenarnya ada beberapa hal lain yang tak Anda duga dapat mempengaruhi isi mimpi. Apa sajakah itu?

1. Bau
Apakah bau yang manis memicu mimpi yang manis juga? Sebuah studi kecil menemukan, mencium bau bunga dapat memicu mimpi yang lebih positif. Sementara bau sulfur memicu hal yang sebaliknya. Karena itu, ada baiknya untuk menaruh wewangian yang harum di dalam kamar tidur Anda.

2. Suara
Anda bangun karena terperangkap di dalam bangunan yang terbakar? Anda kemudian mungkin tersadar bahwa ada bunyi alarm kebakaran dari ponsel Anda yang membangunkan Anda. Artinya, suara yang Anda dengar selama tidur dapat berpengaruh terhadap mimpi yang Anda alami.

3. Makanan pedas

Coba kamu bayangkan kalau bawa bekal makan siang dengan menu berikut ini.
Makanan dapat mempengaruhi kualitas pencernaan Anda, misalnya keju, makanan pedas, hingga makanan berat. Akhirnya, hal ini pun memicu pikiran untuk bermimpi buruk. Karena itu, hindari makanan pedas dan berat minimal dua jam sebelum tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posisi tidur

4. Tidur tengkurap

Foto: Glamour.com

Tidur dengan posisi ini dapat berpengaruh terhadap mimpi buruk. Sebuah studi baru yang dipublikasi dalam Journal Dreaming menemukan, orang yang tidur tengkurap lebih mungkin untuk bermimpi buruk seperti terikat dan sebagainya.

5. Vitamin B6

Vitamin ini merupakan co-faktor tubuh yang digunakan untuk mengubah asam amino menjadi neurotransmitter yang mempengaruhi mimpi seseorang.

6. Antidepresan

Mengonsumsi antidepresan dapat memperingan kerja otak sehingga menenangkan tidur Anda. Terutama kelas antidepresan seperti Prozax, Paxil, dan Zoloft. Jangan lupa, konsultasikan dengan dokter ahli terlebih dahulu sebelum Anda meminumnya agar aman.

7. Berhenti merokok

Mengentikan kebiasaan buruk, ternyata membuat orang lebih mungkin bermimpi soal kebiasaan yang telah ia tinggalkan itu. Sebuah studi menemukan 63 persen perokok bermimpi tentang merokok pada tahun pertama orang tersebut berhenti merokok.

3 dari 3 halaman

Film horor

8. Tidur dengan lapar

Tidak hanya makan berat sebelum tidur, rasa lapar juga mempengaruhi kualitas tidur. Karena itu, jika Anda merasa lapar ketika akan tidur, ada baiknya Anda memakan makanan ringan yang sehat seperti pisang, atau susu yang dapat mengisi perut Anda dan membuat tidur lebih nyenyak.

9. Menonton film horor sebelum tidur

Film-film di bawah ini memiliki penampakan-penampakan tak disengaja. Seperti apa ya?

Aktivitas yang satu ini berperan besar dalam mempengaruhi mimpi Anda. Perasaan takut yang Anda rasakan saat menonton film akan terbawa saat Anda tidur. Untuk Anda yang penakut, sebaiknya hidari menonton film horor pada malam hari atau sesaat sebelum tidur.

10. Hamil dan seusai melahirkan

Kecemasan seseorang yang sedang hamil atau masa setelah melahirkan akan meningkat. Karena itu, kemungkinan untuk mengalami mimpi buruk pun meningkat. Usahakan dalam keadaan hamil atau memiliki bayi Anda rutin merelaksasikan tubuh minimal satu minggu sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.