Sukses

Fasilitas Seru Nikmati Wisata Gerhana Matahari Total

Berikut cara menikmati gerhana matahari total dengan fasilitas yang unik dan seru

Liputan6.com, Jakarta Fenomena alam gerhana matahari tinggal menghitung hari. Tidak lebih dari dua bulan lagi, masyarakat Indonesia dapat menjadi saksi fenomena langka yang hanya terjadi dalam jangka waktu ratusan tahun. Sebelas dari 33 provinsi di Indonesia diprediksi dapat melihat fenomena menarik ini secara jelas, diantaranya Pulau Ternate, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bangka Belitung, Palembang, Bengkulu, dan lainnya. Kementrian pariwisata seperti tidak ingin kehilangan momen dengan menyambutnya melalui beragam perayaan yang unik di masing-masing daerah.

"Karna gerhana matahari total ini kan kejadian langka dan istimewa jadi saya langsung instruksikan untuk membentuk panitia yang akan mengemas fenomena yang akan terlihat di beberapa wilayah di Indonesia dalam beberapa detik ini dengan cara yang menarik. Hal ini juga dapat menarik wisatawan dalam jumlah banyak, karena mereka akan penasaran," tutur Arief saat ditemu usai rapat koodinasi di Gedung Sapta Pesona, Kamis (14/1/2016).

Arief Yahya (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hal ini juga dibenarkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara, Esti Reko Astuti, fenomena langka dan istimewa ini akan terlihat di 11 provinsi. Masing-masing daerah akan menyiapkan perayaan yang menarik mulai dari konser hingga kembang api. Kementrian Pariwisata sendiri rencananya akan menyediakan fasilitas balon udara untuk menikmati gerhana matahari total ini.

"Masing-masing provinsi punya perayaannya masing masing. Mereka ada yang menggelar konser musik, gelaran kembang api, menikmati di kawasan golf dan masih banyak lagi. Kami dari kementrian juga ada wacana untuk menyediakan fasilitas balon undara, namun masih dibicarakan," tutur Esti.

Esti Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara

Selain itu bagi Anda yang berdomisili di daerah Palembang, dapat menikmatinya dengan cara yang tidak kalah menarik. Pemerintah daerah Palembang berencana akan menutup akses jalan di sepanjang jembatan Ampera. Saat Gerhana Matahari berlangsung akan digelar jajanan lokal dan khas palembang yang dapat dinikmati wisatawan sembari melihat fenomena yang memukau, Gerhana Matahari Total tersebut.

PT. Pelni yang bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata juga menyediakan fasilitas berlayar di tengah gelapnya langit saat fenomena istimewa ini berlangsung. Anda dapat menikmati Gerhana Matahari Total dari atas kapal pesiar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.