Sukses

Efek Warna Cat Dinding dan Suasana Ruangan

Baru membeli sebuah rumah? Wah, ini adalah momen tepat untuk Anda mengecat dinding ruang utama dengan konsep yang diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta - Dilema selalu menghampiri siapa saja yang hendak memutuskan untuk mengecat dinding rumah baru mereka.

Apalagi jika mereka tidak tahu bagaimana hubungannya antara warna cat dinding dan pengaruhnya terhadap tampilan dan nuansa dari sebuah ruangan. Bahkan beberapa merasa tak yakin dengan suasana dingin atau hangat yang ingin ditonjolkan.

Permasalahan tak cukup sampai di situ. Rumah baru Anda khususnya ruang utama membutuhkan sentuhan dekorasi yang senada dengan tema ruangan.

Mengingat warna cat dinding yang semakin bervariatif, Anda pun dituntut lebih selektif saat memilih. Karena rupanya warna cat dinding bisa saja memanipulasi sebuah ruangan, menciptakan suasana tertentu, menghadirkan efek tenang, frustasi atau malah membuat Anda bahagia.

Melihat adanya kasus serupa, Ahli Desain Interior, Shaynna Blaze, mau berbagi tips seputar teori warna dan dampaknya terhadap sebuah ruangan. Berikut ulasan selengkapnya yang dikutip dari laman Rumah.com yang ditulis Sabtu (16/1/2016).

"Saya ingin ilusi ruang sempit menjadi besar"

Satu hal paling penting yang harus diingat tentang warna adalah; warna dibagi menjadi dua klasifikasi yakni warna hangat dan dingin.

Hangat akan terasa seperti ruangan terasa dekat dengan Anda, sementara dingin bergerak menjauh dari dekapan Anda.

Jika berpegang teguh pada dua tipe warna ini, maka Anda akan dengan mudah mewujudkan interior impian tanpa melakukan renovasi besar-besaran.

Warna dingin bisa membuat dinding nampak menghilang dan ruang terasa lebih lega, sehingga warna ini ideal diaplikasikan pada ruang sempit.

Dari semua warna cat yang ada, putih adalah opsi utama yang paling mencerminkan warna dingin. Alternatif lain meliputi warna biru, biru muda, tosca, ungu muda, dan perak.

"Saya ingin membuat ruang besar terasa lebih intim"

Ketika berpikir tentang interior, unsur kemewahan tidak selalu memunculkan image yang baik. Area yang luas dapat terkesan impersonal, terutama pada ruang tamu terbuka yang biasanya menggabungkan tiga ruang menjadi satu – dapur, ruang makan dan ruang keluarga.

Nah, agar ruang di atas terasa nyaman, warna cat yang patut diterapkan adalah warna-warna yang memiliki nuansa hangat. Misalnya merah, kuning, jingga, dan emas.

Hal ini demi menghadirkan ruang terbuka yang terasa lebih intim dan semua ruang melebur menjadi satu. Sisi menarik lainnya, warna hangat bisa membantu Anda fokus terhadap satu ruang saja.

"Saya ingin sebuah ruang menenangkan"

Biru dan hijau terkenal dengan kualitas menenangkan, sehingga kedua warna ini dapat dijadikan pilihan sempurna untuk kamar tidur yang membutuhkan sentuhan relaksasi. Selain kamar tidur, Anda juga bisa mengecat warna ini di ruang bekerja atau di ruang bersantai.

"Saya ingin sebuah ruang yang mencolok"

Jika Anda tak berani bereksperimen, warna netral seperti krem sah-sah saja diaplikasikan pada seluruh ruang di dalam rumah. Hanya diperlukan beberapa item pelengkap seperti aksesoris, bantal, vas bunga, lukisan, atau lampu untuk membuatnya terasa segar.

Bermain pola dan tekstur pada dekorasi adalah cara yang baik, untuk menciptakan kesan mencolok di kamar tidur.

Pola dipercaya dapat memanipulasi energi warna. Misalnya, merah energik dapat menjadi elemen halus bila dipadukan dengan warna lain sebagai bagian dari pola. Sedangkan warna hijau yang terkesan tenang bisa tampil lebih berani bila dihasilkan dari pola yang kuat.

Semoga ulasan diatas mampu memberi rasa percaya diri bagi Anda, saat hendak mengecat dinding rumah baru. Selamat mencoba! (Fathia A/Ahm)

Artikel dan foto diadopsi dari laman Lifestyle.com.au

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini