Sukses

7 Hobi Ini Bikin Anda Tambah Cerdas

Beberapa hobi berikut ini bisa membuat ingatan lebih tajam dan Anda pun semakin cerdas. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berpikir hobi adalah sebuah kegiatan sekedar untuk menyenangkan hati dan membuat pikiran lebih segar. Namun nyatanya, hobi juga bisa membuat orang menjadi lebih cerdas. Meskipun tidak semua hobi, tetapi hobi-hobi tertentu bisa membuat ingatan lebih tajam dan Anda pun semakin cerdas.

Dikutip dari Boldsky, Selasa (12/1/2016), berikut beberapa hobi yang mampu bikin Anda tambah cerdas. Semoga hobi Anda adalah salah satunya, ya!

1. Bermain alat musik
Banyak penelitian mengungkap bahwa bermain musik dapat merangsang otak. Kegiatan ini dapat membangkitkan emosi manusia secara kompleks hingga ke status psikologi. Tak hanya bermain alat musik, saat mendengarkan alunan musik pun sudah membantu meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi.

2. Membaca
Ini merupakan cara termudah untuk menjadi pintar. Membaca membantu meningkatkan tingkat kecerdasan, sehingga jangan ragu untuk membaca saat mengisi waktu luang Anda. Bacalah buku dengan berbagai topik untuk merangsang otak, misalnya hari ini membaca fiksi, setelah selesai Anda bisa membaca biografi, dan seterusnya.

3. Meditasi
Ini merupakan kegiatan yang menenangkan, sehingga mampu membantu Anda untuk lebih mudah fokus. Hobi ini juga bisa membantu Anda mengetahui diri Anda yang sebenarnya, mengurangi stres, dan berpikir efektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hobi yang Mencerdaskan

Jago masak

4. Masak beberapa jenis makanan
Jika Anda hobi memasak, janganlah terpaku dengan memasak masakan yang itu-itu saja, Anda harus berani bereksplorasi dan bereksperimen. Ini akan membantu Anda berkreativitas dan cerdas.

5. Bermain game
Game-game yang mampu membuat Anda cerdas adalah game dengan strategi misalnya catur, sudoku, puzzle, broad game, dan sebagainya. Sebab game ini akan merangsang otak untuk berpikir sehingga bisa lebih cerdas.

6. Olahraga
Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa menyehatkan otak. Sebab, olahraga dapat memicu otak dan tubuh aktif dan mengurangi tekanan yang membuat Anda tidur lebih nyenyak.

7. Belajar bahasa baru
Ini bukan hobi yang mudah, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa untuk otak Anda. Sebab, Anda akan belajar untuk menganalisis struktur bahasa dan mengingat kata-kata baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini