Sukses

Teman Minum Kopi Vietnam yang Bikin Tambah Nikmat

Untuk mengimbangi rasa pahitnya, ternyata kopi Vietnam lebih enak diminum bersama pendamping. Apakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Pahit merupakan rasa dominan yang dirasakan saat meminum kopi Vietnam. Maklum saja, cara meraciknya dengan memanggang biji kopi hingga hangus membuatnya demikian. Untuk mengimbangi rasa pahitnya, ternyata kopi Vietnam lebih enak diminum bersama "teman"-nya. Apakah itu?

Coffee enthusiast, Toni Wahid mengungkapkan, karena rasanya yang pahit, kopi Vietnam biasanya disajikan dengan susu kental manis. Rasa manis dari susu kental manis akan mengurangi pahitnya kopi di lidah peminumnya.

"Kopi Vietnam itu pahit, makanya biasanya diminum dengan susu kental manis yang disajikan di bawahnya," kata pemilik situs Cikopi.com ini kepada Liputan6.com, Senin (11/1/2016).

Ya, biasanya susu kental manis memang sudah dituangkan dalam cawan yang menampung tetes-tetesan kopi dari cawan menyaring. Kemudian, peminumnya hanya tinggal mengaduknya supaya kopi dan susu tercampur.

Vietnam sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi Vietnam lebih banyak berjenis robusta dan ditanam di dataran lebih rendah.

Alatnya yang praktis membuat kopi ini menjadi alternatif kopi populer di Indonesia. Toni mengungkapkan, kopi Vietnam terasa tidak terlalu asam. Ini ternyata juga dipengaruhi dari proses pemanggangan biji kopi hingga menghitam seperti arang.

"Rasa asamnya cenderung hilang. Jadi lebih dominan rasa pahit, seperti arang tetapi ada karakter cokelatnya juga," kata dia.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini