Sukses

Alasan Kopi Vietnam Berhasil Jadi Favorit di Indonesia

Kopi Vietnam merupakan salah satu jenis kopi yang paling disukai di Indonesia. Mengapa? Ini alasannya

Liputan6.com, Jakarta Kopi Vietnam merupakan salah satu jenis kopi yang paling disukai di Indonesia. Terbukti dari banyaknya kafe yang menyediakan jenis kopi ini. Jika Anda pernah mencoba kopi Vietnam, tentu Anda tahu rasanya yang pahit dan aromanya yang khas.

Selain rasanya yang otentik, alasan mengapa kopi Vietnam disukai di Indonesia pun dibeberkan oleh Toni Wahid, coffee enthusiast. Ia mengatakan, kopi Vietnam mungkin cukup populer karena keberadaannya pun telah lama di Indonesia.

"Kopi Vietnam merupakan alternatif pertama kali datang ke Indonesia. Tentu saja karena alat membuatnya sangat murah, dengan sekitar Rp 100 ribu, kita sudah bisa dapat alatnya," ungkap Toni kepada Liputan6.com, Senin (11/1/2016).

Untuk diketahui, alat untuk membuat kopi Vietnam adalah semacam cawan aluminium yang memiliki sejumlah lubang kecil di bawahnya. Di bawahnya ada semacam cawan lagi untuk menampung tetesan-tetesan kopi dari cawan pertama.

"Kopi akan turun setetes demi setetes sehingga tidak tercipta buih seperti kopi tarik," jelas Toni.

Sementara itu, rasa pahit yang lebih dominan pada kopi Vietnam ternyata didapat dari proses memanggang atau roasting biji kopi. Toni mengungkapkan, proses ini dilakukan cukup lama untuk kopi Vietnam yang menjadikannya gosong seperti arang.

Vietnam sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi Vietnam lebih banyak berjenis robusta dan ditanam di dataran lebih rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini