Sukses

Kopi Vietnam, Kopi Pahit dan Harum Bersensasi Cokelat

Kopi Vietnam memiliki keunikan rasa yang mampu membuat pencinta kopi jatuh cinta.

Liputan6.com, Jakarta Nama kopi Vietnam menjadi naik daun kembali setelah kasus kematian Wayan Mirna Salihin. Diketahui, wanita ini meninggal setelah meminum es kopi Vietnam di salah satu kafe di West Mall Grand Indonesia pekan lalu.

Namun, terlepas dari kasus tersebut, kopi Vietnam merupakan salah satu jenis kopi yang paling disukai di Indonesia. Popularitasnya cukup tinggi di mata pencinta kopi Tanah Air, terbukti dari banyaknya kafe yang menyediakan jenis kopi ini.

Coffee enthusiast Toni Wahid mengatakan, kopi Vietnam memiliki keunikan rasa yang mampu membuat pencinta kopi jatuh cinta. Karakteristiknya pahit dan harum, tetapi memiliki sensasi seperti cokelat.

"Kopi Vietnam memang pahit, tetapi ada karakter dark chocolate di dalamnya. Aromanya juga harum, nikmat sekali. Aroma wangi cokelat juga membuatnya lebih menyenangkan untuk diminum," kata Toni kepada Liputan6.com, Senin (11/1/2016).

Saking enaknya, banyak orang pun fanatik dengan kopi Vietnam. Toni bercerita, di Amerika Serikat pun kopi Vietnam menjadi salah satu kopi favorit karena alat pembuatnya pun khas.

"Banyak orang di Amerika memilih alat untuk membuat kopi Vietnam, bukan memakai mesin begitu. Fanatik mereka sama kopi Vietnam," kata Toni.

Sementara itu, rasa pahit yang lebih dominan pada kopi Vietnam ternyata didapat dari proses memanggang atau roasting biji kopi. Toni mengungkapkan, proses ini dilakukan cukup lama untuk kopi Vietnam yang menjadikannya gosong seperti arang.

"Sampai hitam sekali dia kalau roasting, jadi kopinya lebih pahit," katanya.

Vietnam sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi Vietnam lebih banyak berjenis robusta dan ditanam di dataran lebih rendah.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.