Sukses

Area Kumuh Ini Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Mumbai

Area kumuh ini menjadi destinasi wisata alternatif dengan menawarkan banyak aktivitas wisata menarik.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menyadari di balik keindahan Mumbai, India, ternyata ada daerah kumuh terbesar di Asia. Namun siapa yang sangka, daerah kumuh ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara sebagai salah satu destinasi wisata alternatif.

Reality Tour Travel, salah satu jasa agen travel Dhavari dalam lamannya menuturkan, kami menawarkan berbagai aktivitas wisata menarik di Dhavari, mulai dari aktivitas daur ulang barang bekas, pembuatan tembikar, bordir, dan kunjungan ke aneka pabrik hingga toko roti.

Saat berkunjung ke Dhavari, Anda akan menyadari bahwa berbagai aktivitas yang dilakukan di slum area terbesar di Asia ini dilakukan dengan cara-cara kreatif dan iovatif. Di dalam ruang-ruang yang sangat kecil, dan melewati jalan sempit perumahan warga , Anda akan merasakan betapa semangat kehidupan menjadi cara ajaib yang membuat mereka menjadi kreatif.

Berikut beberapa aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Dhavari, slum area terbesar di Asia, seperti dikutip dari Reality Tour Travel, Senin (11/1/2016).

Berkunjung ke Lokasi Daur Ulang

foto: realityindia

Anda perlu menyadari bahwa berwisata tak selamanya harus mengunjungi tempat yang indah. Berkunjung ke slum area dan melihat berbagai kegiatan di dalamnya juga menjadi wisata alternatif yang mampu membuat hidup lebih bahagia. Salah satu tempat di Dhavari yang perlu Anda kunjungi adalah lokasi daur ulang. Di lokasi ini Anda akan menyaksikan logam dan plastik yang berasal dari seluruh dunia didaur ulang di tempat ini, mulai dari proses penyortiran hingga tahap penyelesaian menjadi barang yang utuh kembali.

Mengunjungi ‘Atap” Dhavari
Jangan harap Anda bisa menemukan bukit-bukit nan elok saat berkunjung ke Dhavari. Namun demikian, Anda masih bisa melihat pemandangan Dhavari dari atap yang lain. Dari atap pabrik, Anda bisa menyaksikan rumah-rumah kumuh dengan jalan sempit bagai labirin yang tidak tersusun secara rapi. Saat Anda menyaksikan betapa banyak nyawa manusia dipertaruhkan di dalamnya, Anda akan semakin bersyukur tentang apa yang Anda dapatkan saat ini.

Menjadi Relawan The Community Centre
Berwisata sambil berbagi tentu mendatangkan kesenangan tersendiri. Di Community Centre yang dibangun jasa tour travel kawasan tersebut, Anda bisa memberikan sedikit pendidikan, mulai dari bahasa Inggris, komputer, hingga soft skill untuk remaja dan warga Dhavari yang tengah beranjak dewasa namun tak pernah tersentuh pendidikan.

Dengan ikut serta dalam perjalanan wisata ke Dhavari, Anda juga telah menjadi penyumbang bagi keberlangsungan pendidikan di Community Centre. Adanya komunitas pendidikan tersebut semakin membuat Dhavari sebagai salah satu daerah paling bersemangat di Mumbai.

Menyaksikan Pembuatan Popaddom

foto: realityindia

Popaddom bukan hanya menjadi makanan, tapi juga telah menjadi bagian dari kebudayaan warga Dhavari dan India pada umumnya. Di kawasan slum area ini, Anda bisa menyaksikan pembuatan Popaddom yang unik, mulai dari mengeringkan di bawah terik sinar matahari di keranjang kayu yang dibuat terbalik, hingga mengangkatnya dan menjadi makanan yang lezat.

Kumbharwada Pottery Colony
Ini menjadi tempat yang paling diminati wisatawan saat berada di Dhavari. Tak disangka, Dhavari yang kumuh ternyata menyimpan banyak perajin tembikar. Perajin ini menciptakan banyak jenis pot yang telah diekspor ke seluruh dunia. Kumbharwada Pottery Colony menjadi salah satu penggerak ekonomi Dhavari yang memungkinkan mereka masih bisa bertahan hidup.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.