Sukses

Pemprov Jateng Susun 4 Destinasi Wisata Andalan

Destinasi wisata apa saja yang menjadi andalan Pemprov Jateng?

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyusun rencana induk untuk Candi Borobudur, Dataran Tinggi Dieng, Museum Purbakala Sangiran, dan Kepulauan Karimunjawa sebagai empat destinasi wisata andalan di Jawa Tengah.

"Penyusunan 'master plan' empat destinasi wisata andalan di Jateng ini untuk menentukan apa yang akan dilakukan pihak terkait dalam waktu 10 hingga 20 tahun kedepan," kata Prasetyo Aribowo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah kepada Antara, Minggu (10/1/2016).

Prasetyo menjelaskan, penyusunan rencana induk empat destinasi wisata yang melibatkan berbagai kalangan seperti akademisi, pegiat pariwisata, dan masyarakat di Jateng tersebut merupakan kebijakan dari Kementerian Pariwisata terkait dengan pengembangan berbagai potensi pariwisata di tiap provinsi yang dinilai strategis.

Menurut dia, penyusunan "master plan" dilakukan oleh Pemprov Jateng, dan setelah selesai serta mendapat persetujuan semua pihak akan dilaporkan ke Menteri Pariwisata untuk disampaikan ke Presiden Joko Widodo agar dikeluarkan sebuah keputusan presiden.

Pada penyusunan "master plan", kata dia, diatur mengenai zonasi, penggunaan tata ruang, sistem transportasi, pengelolaan branding, dan promosi.

"Semua nanti akan kita bahas bersama agar masing-masing punya branding sendiri dan memiliki daya ungkit agar menjadi daya tarik wisata nasional," ujarnya.

Disbudpar Jateng menggiatkan promosi sejumlah objek wisata yang ada di 35 kabupaten/kota sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Provinsi Jateng pada 2016.

"Promosi objek-objek wisata yang kami gencarkan akan menggunakan e-tourism yang menjadi sebuah tuntuan karena promosinya bisa 24 jam dan jangkauannya luas sampai ke seluruh dunia," katanya.

Selain penggunaan e-tourism melalui jaringan internet, Disbudpar Jateng juga akan memanfaatkan berbagai bentuk media sosial dan melibatkan berbagai komunitas dengan pertimbangan lebih efisien jika dibandingkan promosi dengan cara yang konvensional.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, potensi objek wisata di 35 kabupaten/kota saat ini tercatat sebanyak 417 lokasi yang terdiri atas 132 lokasi wisata alam, 88 lokasi wisata budaya, 105 lokasi wisata buatan, 21 lokasi wisata minat khusus, dan wisata lain-lain sebanyak 71 lokasi.

Sumber: Antara

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini