Sukses

Pantai Bebek Jayapura Akan Dilengkapi Sepeda Air

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Bebek, Pemkot Jayapura akan menyediakan fasilitas wisata sepeda air.

Liputan6.com, Jayapura Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura telah merencanakan pengadaan sepeda air wisata yang akan diberikan kepada pengelola objek wisata Pantai Bebek, Hamadi.

"Sebelum HUT Kota Jayapura, Pak Wali Kota akan meluncurkan sepeda air untuk Pantai Bebek," ujar kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw kepada Antara, Selasa (5/1/2015).

Menurut dia, hal tersebut sebenarnya pernah ada di areal yang sama. Namun karena seluruh pengelolaannya diserahkan ke masyarakat adat, kini kondisinya sudah tidak layak.

"Dalam desain bentuknya yang berbeda, sekarang dirancang dalam bentuk kerja sama antarpemerintah dengan masyarakat pemilik ulayat, jadi tidak 100 persen milik masyarakat lagi supaya perawatannya bisa jalan," ucap dia.

Tidak hanya sepeda air, Pemkot juga akan memberikan beberapa unit kano kepada pengelola objek wisata tersebut.

"Tahun ini kita datangkan 10 unit sepeda air, dan menambah 5 unit kano, 3 unit kano biasa dan 2 unit kano Indian," ucapnya.

Pada areal pantai wisata tersebut ada 26 kepala keluarga yang mengelola, dan diusahakan agar semua punya kano agar masyarakat yang datang bisa menyewa dan berwisata di areal tersebut. "Kita akan usahakan di anggaran perubahan," kata dia.

Dalam penentuan tarif, pemerintah akan berusaha mengintervensi para pengelola objek wisata agar masyarakat tidak merasa diberatkan dan bisa berulang kali datang ke areal tersebut.

"Untuk tarif, kita akan bicarakan bersama, tidak boleh terlalu mahal dan akhirnya sepeda laut jadi besi tua," ucapnya.*

Sumber: Antara

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini