Sukses

Jaga Kualitas Warna Pakaian Anda Agar Awet

Cara mencuci pakaian yang salah bisa membuat warna pakaian Anda menjadi pudar. Berikut cara mencuci pakaian yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya jenis dan cara berpakaian yang penting dalam penampilan seseorang. Warna dari pakaian itu sendiri tentunya juga penting untuk Anda perhatikan. Warna yang lusuh akan langsung membuat pakaian Anda tampak usang dan merusak penampilan. Berikut ini dilansir dari Organicauthority.com pada hari Selasa (05/01/2016), cara menjaga dan merawat keindahan warna pakaian Anda. 

Pisahkan pakaian berdasarkan warnanya

Usahakan untuk memisahkan pakian berdasarkan warnanya. Mulai dari yang gelap, menyala, pastel dan tentunya juga pakaian berwarna putih. Mengapa? Karena Anda tidak pernah tahu jika warna dari semua pakaian berwarna bisa saja luntur ke pakaian lainnya yang memiliki warna lebih terang. Selain itu, cara ini dapat membuat warna pakaian yang Anda miliki bertahan lama.

Balikan sisi luar pakaian ke dalam

Sebelum mencuci pakaian, biasakan untuk membalikan sisi dalam pakaian Anda ke luar. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga keindahan dari pakaian. Bukan hanya menjaga keindahan warna pakaian, bahkan cara ini mampu melindungi bagian luar pakaian dari gesekan mesin cuci.

Gunakan air dingin

Suhu yang panas atau hangat dipercaya mampu merenggangkan elastisitas benda apapun. Jika Anda mencuci pakaian dengan air hangat, tidak menutup kemungkinan serat pakaian menjadi renggang dan juga memudarkan warna pada pakaian Anda. Untuk itu, gunakan air dingin untuk mencuci pakaian.

Hindari proses pengeringan di bawah paparan sinar matahari langsung

Sama halnya dengan air panas atau air hangat yang mampu merusak warna pakaian, sinar matahari yang panas juga mampu memudarkan warna pakaian Anda. Prosesnya pemudaran warna akibat paparan panas sinar matahari dapat terjadi dengan amat cepat. Hal ini berlaku bukan hanya untuk pakaian yang berwarna cerah, tapi juga untuk pakaian lainnya yang berwarna gelap.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini