Sukses

Simak Delapan Langkah Mengecat Pagar Kayu

Mengecat pagar kayu memang bukan sebuah pekerjaan sulit. Ingin tahu agar mudah mengecat kayu?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, menciptakan pagar yang indah dan sempurna sama pentingnya dengan mendesain eksterior serta interior rumah.

Mengecat pagar rumah yang bermaterial kayu bukanlah sebuah pekerjaan sulit. Jika punya waktu senggang di akhir pekan, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa memerlukan bantuan tukang.

Namun sebelum memulai tugas ini, luangkan waktu Anda sejenak untuk menyimak ulasan yang dilansir dari laman Rumah.com, Jumat (8/1/2016) tentang delapan tahap saat mengecat pagar kayu di rumah:

Pertama, pastikan tanaman dan tumbuhan telah dilindungi dengan terpal plastik sebagai penutupnya. Jika diperlukan, Anda bisa memangkas sedikit dedaunan yang rimbun agar memberikan diri Anda ruang untuk bekerja.

Kedua, Jika ada tanaman yang masih bertumpu pada panel pagar dan tidak dapat ditutupi oleh terpal plastik atau dipangkas, maka ikat mereka dengan plant ties untuk mempermudah Anda saat mengecat.

Ketiga, pastikan tiap rangka pagar kayu telah bersih dari paku karat atau sekrup yang mencuat. Pindahkan juga setiap keranjang yang menggantung atau dekorasi dan benda lainnya yang masih menempel.

Anda juga harus membersihkan sisa pasir atau serpihan debu yang melekat dengan lap kering. Langkah ini perlu dilakukan guna memastikannya telah halus dan rata agar mendapat hasil yang sempurna.

Keempat, oleskan lapisan primer untuk semua panel pada pagar dan biarkan kering sepenuhnya. Tahap ini akan memberikan akhir yang lebih baik untuk hasil cat yang sesuai keinginan Anda.

Kelima, gunakan kuas besar untuk melukis pagar kayu dengan warna yang telah dipilih. Bila garis pada pagar kayu bergerak ke arah horisontal, maka Anda juga harus mengecatnya dengan skema horisontal, dan begitu pun dengan vertikal. Trik ini perlu diterapkan jika ingin melihat hasil yang baik dan warna cat yang lebih halus.

Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan cat semprot yang dirancang khusus atau pistol semprot. Cat jenis ini biasanya bisa mempermudah Anda untuk mengecat seluruh pagar hanya dalam jangka waktu beberapa menit saja.

Keenam, jika diperlukan Anda dapat menerapkan lapisan cat kedua pada pagar kayu. Tetapi sebagian besar pagar kayu hanya membutuhkan satu lapisan saja.

Ketujuh, pastikan Anda menunggu sampai cat benar-benar kering sehingga tidak ada noda yang menempel di tanaman. Perlu diketahui, cat mengandung bahan kimia yang mampu merusak tanaman.

Kedelapan, bersihkan seluruh peralatan setelah selesai digunakan untuk menjaganya tetap awet, dan bisa dipakai kembali di lain hari.

Cat berbasis minyak yang lebih tebal daripada air, membutuhkan white spirit atau cairan pelarut organik turunan parafin yang biasa dipakai untuk proses dry cleaning. Cairan peralut ini dipercaya mampu membersihkan seluruh bahan kimia yang menempel pada kuas cat Anda. (Fathia A/Ahm)

Foto: Pixabay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini