Sukses

Tahapan Mengecat Dinding Kamar Mandi

Sebelum Anda mengecat dinding kamar mandi di rumah, ada baiknya jika menyimak ulasan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mengecat dinding kamar mandi adalah hal yang terbilang relatif sulit. Kendala biasa dirasakan karena ukuran kamar mandi yang sempit, sehingga Anda tidak dapat bergerak bebas di dalamnya.

Selain itu, berbagai saniter yang ada di dalam kamar mandi turut membatasi aktivitas Anda saat mengecat. Namun Rumah.com seperti ditulis Sabtu (9/1/2016) punya langkah mudah yang bisa Anda terapkan. Simak ulasannya berikut ini:

Gunakan “Cairan Ajaib” untuk Membersihkan Dinding

Jika ruang makan atau ruang keluarga hanya membutuhkan kemoceng untuk membersihkan dindingnya, berbeda dengan kamar mandi.

Sisa sabun batang atau zat kimia lain yang menempel di tepi bawah dinding kamar mandi, kerap menjadi hal yang sangat tidak sedap dipandang.

Terlebih, busa sabun bisa menyebabkan cat dinding kamar mandi Anda mudah mengelupas dan berjamur.

Nah, sebelum Anda mengecat dinding kamar mandi, pastikan jika permukaannya telah bersih dari kotoran apapun.

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan cairan pembersih atau larutan deterjen untuk menghilangkan noda menempel, lalu bilas dengan air dingin.

Hal ini juga membantu untuk menghilangkan residu debu dari pengamplasan dan memastikan cat melekat dengan baik di permukaan.

Lepaskan Tangki Kloset Agar Dinding Tampak Sempurna



Meski kedengarannya agak sedikit berantakan, namun nyatanya langkah kedua ini wajib dilakukan guna memudakan pekerjaan Anda saat mengecat dinding kamar mandi.

Ya, sebagian orang biasanya mencoba mengecat di area dinding sekitar kloset dan sela-selanya yang super sempit. Tapi ingat, area ini sangatlah kecil! Sehingga Anda perlu memulas kuas berulang kali untuk mendapatkan warna yang solid. Selain mubazir, langkah ini juga tidak efisien.

Cat Dinding Kamar Mandi Harus Berwarna Terang

Mengapa? Jawabannya tentu karena warna gelap akan membuat kamar mandi terlihat sesak. Namun tak perlu menyiasatinya dengan warna terang yang hanya didominasi putih klasik.

Karena melihat fakta, warna cat yang nampak ringan, sejuk, dan cerah, bisa didapat dari perpaduan biru-putih atau kuning-putih.

Jangan Hadirkan Kesan Mandi Cat!

Ada baiknya jika Anda menggunakan cat khusus untuk kamar mandi. Faktornya, cat khusus ini mampu membuat permukaan kamar mandi menjadi anti jamur dan tahan terhadap efek air, uap dan kelembapan.

Namun jika Anda memutuskan untuk mengaplikasikan cat biasa yang lebih murah, maka Anda harus menambahkan cairan khusus bernama midlewcide yang berguna untuk menghalangi tumbuhnya lumut dan jamur.

Bila Anda masih kurang yakin akan cat yang dipilih, tanyalah kepada orang yang lebih ahli soal ini seperti penjual cat di toko bahan bangunan. Biasanya mereka akan memberikan dua jenis cat, yaitu cat untuk dinding lembab dan cat untuk memberi warna pada dinding.

Mulai dari Plafon

Saat keempat hal di atas telah Anda persiapkan dengan baik, ini saatnya untuk mulai mengecat dinding kamar mandi. Mulailah dari bagian plafon. Karena jika ada tetesan cat yang jatuh ke permukaan lantai atau dinding, Anda dapat membersihkannya secara mudah bahkan menimpanya dengan cat lagi.

Jika Anda mengecat dinding dan langit-langit dengan dua warna yang berbeda, Anda harus ‘memotong’ sudut untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna. (Fathia/Ahm)

Foto: Pixabay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini