Sukses

Meditasi Jadi Kunci Tingkatkan Karier

Bermeditasi ternyata tidak hanya membuat pikiran menjadi tenang, tetapi juga berdampak pada pengembangan karier dan proses belajar.

Liputan6.com, Jakarta Meditasi merupakan aktivitas yang telah dipraktikkan sejak berabad-abad oleh banyak kultur dan budaya di seluruh dunia. Meditasi diperkenalkan dan dipopulerkan sebagai bagian dari bentuk ibadah Hindu dan Buddha.

Kini, meditasi mulai berkembang pesat di Amerika dan Eropa sebagai cara menenangkan pikiran dan perasaan. Banyak orang pada generasi saat ini yang belum peduli bahwa meditasi selama 10-20 menit memiliki banyak keuntungan.

Seperti dilansir dari Elitedaily, Minggu 27 Desember 2015, bermeditasi ternyata tidak hanya membuat pikiran menjadi tenang dan santai, tetapi juga berdampak pada otot tubuh Anda. Sebuah studi yang dilakukan Universitas Harvard pada November 2014 menyatakan bahwa meditasi secara rutin menyehatkan otak.

Liputan6.com merangkum manfaat meditasi untuk pengembangan karier dan proses belajar.

1. Mengatasi sindrom mudah stres
Bagi Anda para pekerja yang mungkin sering grogi dan panik menghadapi klien untuk presentasi, meditasi bisa jadi solusinya. Dr Elizabeth Hoge dari Sekolah Medis Harvard menyatakan bahwa dengan bermeditasi Anda bisa meningkatkan produktivitas saat bekerja.

2. Menjadi lebih tenang dan emosi stabil
Setelah mencoba untuk meditasi, Anda akan mulai merasakan emosi yang jauh lebih stabil dan tenang. Untuk membersihkan pikiran, Anda harus memiliki kemampuan mengontrol emosi lebih bebas.

3. Menjadi lebih bersyukur
Mungkin Anda orang yang lebih sering mengeluh saat bekerja atau dalam proses belajar. Cobalah untuk melakukan meditasi karena akan membuat Anda jauh lebih mudah bersyukur. Anda juga mungkin terlalu panik dan cemas menghadapi masa depan dan mudah menyesal meratapi masa lalu. Dengan meditasi, fokus Anda untuk menjalani hari akan semakin meningkat.

4. Mengembangkan kreativitas
Ketika merasa stres dan frustrasi, fokus Anda hanya akan bertumpu pada tantangan dan masalah. Melakukan meditasi membantu Anda dalam merangsang ide kreatif yang pada akhirnya menjadi jalan keluar.

5. Meningkatkan kepercayaan diri dan konsentrasi
Anda mungkin pribadi yang terlalu nyaman akan diri sendiri dan jauh lebih tertutup saat menghadapi orang lain. Namun, khususnya dalam karier, hal tersebut menghambat kesuksesan Anda. Meditasi akan membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri yang pada nantinya menjadi jalan menuju sukses dalam karier atau proses belajar. (*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.