Sukses

6 Cara Hadapi Keluarga 'Menyebalkan' Saat Berkumpul di Hari Natal

Di saat-saat perayaan Natal, Anda mungkin harus menghadapi keluarga yang mungkin tidak terlalu menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Natal adalah saatnya Anda berkumpul dengan keluarga besar dilengkapi dengan pesta dan makanan enak. Namun, di saat-saat seperti ini pula Anda harus menghadapi keluarga yang mungkin tidak terlalu menyenangkan.

Pertanyaan-pertanyaan yang diulang-ulang setiap tahunnya, misalnya, "kapan nikah?" atau "bagaimana pacarmu?" (padahal Anda sedang tidak memiliki pacar) tentulah menyebalkan. Belum lagi sikap-sikap aneh dari paman, sepupu, atau anggota keluarga besar lain yang mungkin membuat Anda marah.

Supaya Anda tidak stres saat momen satu tahun sekali ini tiba, ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan. Dikutip dari Metro.co.uk, Kamis (24/12/2015) berikut cara menghadapi keluarga besar saat Hari Natal tiba.

1. Jangan mabuk
Pesta identik dengan makanan lezat dan... minuman keras. Namun, tahanlah diri Anda supaya tidak mabuk. Sebab mabuk di depan anggota keluarga besar bukanlah ide baik. Tingkah konyol Anda saat mabuk bisa menjadi omongan keluarga selama satu tahun ke depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapkan jawaban

2. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan menyebalkan
Pertanyaan menyebalkan dari anggota keluarga besar pasti akan ada. Maklum, mereka tidak hidup dengan Anda sehingga mereka pun tak tahu perkembangan apa saja yang terjadi dalam hidup Anda. Persiapan jawaban diplomatis pun perlu dilakukan, atau setidaknya persiapan mental Anda untuk menghadapi pertanyaan tersebut.

3. Bawa barang pribadi
Jika Anda menginap di rumah keluarga Anda saat pesta natal, maka jangan lupa untuk mempersiapkan barang-barang pribadi Anda. Sebab, barang-barang yang Anda butuhkan mungkin tidak akan Anda temui di sana. Ini akan meminimalkan stres Anda selagi menghadapi anggota keluarga yang menyebalkan.

4. Ubah perspektif
Perspektif dalam menilai anggota keluarga sangatlah penting. Sebab dengan begini, Anda mampu mengubah pandangan Anda tentang sikap anggota keluarga yang menyebalkan menjadi sesuatu yang lucu. Daripada marah karena sikap keluarga lebih baik tertawa, bukan?

3 dari 3 halaman

Alihkan perhatian

5. Bawa sesuatu yang dapat mengalihkan perhatian anak-anak
Jika terganggu ponsel Anda sering diminta keponakan untuk bermain game, lebih baik Anda membelikan sebuah barang yang mampu mengalihkan perhatian mereka. Misalnya membeli lego atau video game. Ada sedikit harga yang perlu dibayar untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan.

6. Tinggalkan rumah sejenak
Bila sudah terlalu jenuh di dalam rumah yang ramai, Anda bisa sedikit keluar untuk sekedar menenangkan pikiran dan menghirup udara segar. Stay positive dan pikirkan sebetulnya tidak ada anggota keluarga yang berniat membuat Anda marah.

 

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini