Sukses

Penghijauan, Kawasan Wisata Dieng Ditanami 1.000 Pohon

Selain menjadi destinasi wisata unggulan, dataran tinggi Dieng juga menjadi kawasan penyangga air bagi daerah sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Kawasan wisata dataran tinggi Dieng di Bukit Sikunir, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat 18 Desember 2015, ditanami 1.000 pohon dalam rangka konservasi dan menghijaukan kembali daerah tersebut.

Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Provinsi Jawa Tengah, Joko Sutrisno, dan Penjabat Bupati Wonosobo, Satriyo Hidayat, bersama ratusan warga yang tergabung dalam beberapa lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) ikut menanam tanaman keras.

Joko mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dataran tinggi Dieng sebagai kawasan penyangga air bisa semakin hijau dan lestari.

Selain menanam, kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Menanam Nasional itu juga dilakukan tebar 10.000 benih ikan nila di Telaga Cebong.

"Seperti diketahui, kawasan dataran tinggi Dieng sangat memerlukan perhatian, mengingat kondisinya yang minim tanaman tegakan," katanya.

Ia mengatakan, hanya dengan kepedulian semua pihak, harapan melihat Dieng yang lebih hijau dan lestari bisa diwujudkan.

Dieng yang sudah populer dengan keindahan alamnya, kata Joko, justru berpotensi menjadi kawasan gersang dan gundul apabila upaya penghijauan diabaikan.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat, khususnya yang bermukim di kawasan Dieng, untuk meningkatkan kesadaran dan membiasakan menanam pohon tegakan di sela lahan pertanian.

"Agar tidak terjadi erosi dan menjadi sumber bencana yang bisa merugikan warga sendiri," katanya.

Sementara itu, Bupati Wonosobo, Satriyo Hidayat mengimbau agar masyarakat selalu mencintai dan merawat alam di kawasan Dieng dengan serius.

Dalam acara dialog bersama warga yang digelar seusai menanam 1.000 pohon, ia menjelaskan, Dieng merupakan kawasan sangat penting. Selain menjadi destinasi wisata unggulan, dataran tinggi Dieng juga menyimpan cadangan air baku untuk banyak daerah di bawahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan semakin gencarnya gerakan menanam, pihaknya meyakini dataran tinggi Dieng juga semakin menarik bagi wisatawan dan tetap mampu berperan sebagai penyangga air daerah sekitar.  (*)

Sumber: Antara

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

**Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.