Sukses

Jurus Jitu Dapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan

Banyak celah yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mendapatkan tiket pesawat murah saat ingin liburan.

Liputan6.com, Jakarta Mendapat tiket pesawat murah memang susah-susah gampang. Namun, Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah jika bisa mencari celahnya. Salah satu celah termudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah adalah dengan berburu tiket promo.
Tak hanya itu, jika Anda lebih jeli, sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah. Dilansir dari reservasi.com, Rabu (16/12/2015), berikut trik lain untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah.

Booking Sejak Awal
Melakukan liburan tanpa perencanaan jelas tidak disarankan. Buatlah rencana perjalanan dan rencana pengeluaran biaya agar semua terkontrol. Jangan selalu mengandalkan kartu kredit. Gunakan kartu kredit disaat mendesak saja, agar Anda nantinya tidak dipusingkan dengan tagihan yang membengkak.

Beberapa tanggal sudah bisa Anda tandai untuk liburan. Anda juga bisa mendapatkan informasinya dari jadwal cuti bersama yang dikeluarkan oleh pemerintah tiap tahun. Untuk Anda yang masih kuliah atau pelajar, pastikan Anda sudah memiliki kalender pendidikan. Dari situ Anda bisa merencanakan kapan akan memesan tiket untuk liburan.

Pemesanan tiket bisa dilakukan jauh-jauh hari antara 50-60 hari sebelumnya. Tentu dengan melakukan booking tiket diawal, kalian bisa menyesuaikan budget transportasi dengan mudah. Memang terkadang saat mendekati hari raya biasanya ada promo tiket. Tapi tetap terlalu beresiko jika hanya mengharapkan promo mendekati hari raya, karena permintaan yang tinggi. 

Rute Sibuk Memang Mahal
Beberapa penerbangan yang termasuk rute 'gemuk' memang membuat harga tiket semakin mahal. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencari beberapa bandara terdekat dengan rute yang tidak terlalu sibuk, kemudian melanjutkannya dengan perjalanan darat. Cara ini memang merepotkan, namun Anda pasti bisa mendapatkan tiket pesawat lebih murah, selain juga pengalaman menjelajahi tempat baru yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Menarik bukan?

Jadwal Keberangkatan Menentukan Harga
Memang untuk mendapatkan sesuatu yang murah diperlukan usaha yang lebih. Beberapa penerbangan yang menawarkan tiket murah, didominasi oleh penerbangan dengan keberangkatan pada dini hari dan tengah malam. Pada waktu-waktu tersebut memang cenderung tidak terlalu ramai karena masih waktu istirahat. Tidak ada salahnya Anda bangun lebih pagi atau tidur sedikit terlambat, demi mendapatkan tiket pesawat murah. Pastikan Anda bangun lebih pagi untuk mengejar pesawat yang berangkat pertama kali.

Full Service Airline, Why Not?
Perhatikan saat peak season, harga pesawat yang tadinya murah akan menjadi mahal. Bandingkan dengan pesawat -pesawat yang telah memilki brand full board. Kadang kala saat peak season tiket pesawat murah pun menjadi mahal. Daripada mendapatkan pelayanan yang tidak terlalu lengkap, terkadang Anda harus berinvestasi sedikit untuk mendapatkan pelayanan yang lengkap. Layak dicoba, bukan?

Pesan Secara Online
Beberapa online ticketing kini bertumbuh dan semakin banyak. Konsumen harus jeli dengan perbedaan harga tiket antara penyedia online ticketing satu dengan yang lainnya. Cek secara berkala agar bisa mendapatkan harga paling murah. Biasanya dengan persaingan seperti ini konsumenlah yang diuntungkan.

Beberapa layanan online tiket bahkan sudah dapat diunduh melalui telepon pintar. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi browsing menggunakan laptop atau desktop. Sambil ngopi di cafe sekalipun, Anda kini sudah bisa memilih dan membandingkan tiket pesawat murah yang diinginkan. Kuncinya adalah survei berkala dan teruslah mencari di beberapa layanan online ticketing.

Subscribe Email Airline
Beberapa maskapai penerbangan menyediakan layanan newsletter. Cobalah untuk selalu menjadi pelanggan newsletter ini. Dengan menjadi subscriber, Anda akan mendapatkan info instan tentang tiket promo dan tiket murah. Dengan begitu Anda bisa saja merencanakan liburan berdasarkan tiket promo yang ditawarkan.

Jangan Anti Transit
Transit memang terkadang sedikit menyebalkan jika Anda dalam keadaan mendesak. Namun, saat Anda sedang berlibur, tidak ada salahnya memilih penerbangan dengan transit. Untungnya, tiket pesawat lebih murah dan Anda bisa jalan-jalan sesaat saat transit. Lihat dari sisi positifnya. Pasti Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat transit di beberapa bandara yang menyediakan segala faslitas gratis dan menarik bagi para penumpang yang transit. Misalnya seperti bandara Changi di Singapura yang sudah menyediakan berbagai fasilitas menarik bagi penumpangnya yang transit.

 

Sumber: Reservasi.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini