Sukses

Tutorial: 5 Resep Kecantikan Berbahan Dasar Madu

Madu merupakan cairan kental manis alami yang tak hanya nikmat diminum, tetapi juga "makanan istimewa" untuk kebugaran tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Madu merupakan cairan kental manis alami yang tak hanya nikmat diminum, tetapi juga "makanan istimewa" untuk kebugaran tubuh. Sejak dahulu, madu telah digunakan untuk menangani beragam penyakit. Tak hanya itu, bahkan menurut sejarah, salah satu rahasia kecantikan Ratu Mesir Cleopatra adalah dengan perawatan wajah menggunakan masker dari madu.

Nicki J. Engeseth, ahli madu dari Universitas Illinois menyatakan, khasiat madu berkaitan dengan kandungan karbohidrat dan gulanya yang tinggi, yakni fruktosa 41%, glukosa 35%, sukrosa 1,9%, tepung sari, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan antibiotika. Tak heran, khasiatnya sangat baik untuk dikonsumsi dan diaplikasikan pada tubuh.

Berikut beragam resep multikhasiat dari madu untuk kecantikan Anda:

1. Rambut rontok dan kebotakan

Campur minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan di kepala sebelum mandi, dan diamkan selama kira-kira 10 - 15 menit lalu basuh dan bersihkah.

2. Bau napas

Minum setiap pagi hari, satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas.
Manfaat: Membuat napas tetap segar selama sehari penuh.

3. Jerawat

-Oleskan 3 sndok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari selama 2 minggu.

- Campurkan 100 gram madu, 25 ml alkohol, dan 25 ml air bersih dan aplikasikan seperti masker ke permukaan wajah. Masker ini akan membersihkan wajah dan menyembuhkan jerawat sampai ke akarnya.

4. Infeksi kulit

Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang terasa nyeri. Madu yang bersifat antiseptik ringan, dengan kandungan asam amino bebas, dan antimikrobial yang ada dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab infeksi. Madu dapat merangsang tumbuhnya jaringan baru, sehingga mempercepat penyembuhan luka. Aksi anti-inflamasinya dapat mengurangi nyeri dan bekas luka pada kulit.

5. Mencegah penuaan

Ambil 4 sendok makan madu, 1 sendok teh bubuk kayu manis, dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti membuat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari setiap hari. Ramuan ini dapat menghilangkan noda dan bintik-bintik hitam (hiperpigmentasi), membuat kulit segar, halus, serta mencegah keriput.

(Elizabeth Swanti)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.