Sukses

4 Hal yang Tidak Perlu Diketahui Anak

Ternyata ada hal-hal yang tidak perlu diketahui anak. Apa saja itu?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orangtua pastinya Anda ingin berbagi cerita tentang apa saja dengan anak karena Anda berpendapat hal ini dapat mempererat hubungan antara orangtua dan anak. Namun, Anda perlu ingat bahwa ada hal-hal yang tidak perlu diketahui oleh anak apalagi yang berhubungan dengan permasalahan orang dewasa. Anda tetap harus menyaring apa yang akan dibicarakan dengan anak.

Berikut hal-hal yang tidak perlu anak ketahui seperti dilansir dalam parentsociety, Kamis (10/12/2015).

Keuangan keluarga
Anak tidak perlu mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan mereka, atau berapa banyak Anda membayar untuk liburan keluarga. Berbagi masalah finansial dengan anak Anda akan membuat anak cemas tentang uang dan mereka tidak harus ikut merasakan stres yang orangtua menghadapi masalah finansial.

Pendapat Anda tentang guru mereka
Ada kalanya anak akan mengeluh mengenai guru mereka di sekolah namun, Anda tidak boleh menimpali dengan perkataan yang akan membuat citra guru semakin buruk. Memang Anda juga tidak boleh menunjukkan bahwa seorang guru adalah sosok yang sempurna tetapi Anda tetap bisa menunjukkan sisi positifnya. Janganlah mempengaruhi presepsi anak tentang guru mereka dengan pikiran dan pendapat negatif Anda.

Pendapat Anda tentang orangtua dari teman mereka
Ketika Anda membicarakan orang lain, anak Anda akan menyimpan cerita tersebut dan akan mempengaruhi sikap mereka. Jangan kaget jika anak akan melakukan hal sama seperti yang Anda lakukan. Sebaiknya biarkan anak Anda membentuk opininya sendiri dan ajari mereka menghormati orang lain dengan mencontohkan perkataan yang sopan.

Semua penyesalan Anda
Anak sebenarnya juga perlu tahu bahwa orangtuanya hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan penyeselan. Hal ini akan membantu jika Anda menceritakan tentang perjuangan Anda, bagaimana Anda melaluinya dan bagaimana Anda membuat segalanya menjadi baik sebelumnya. Dibandingkan dengan menceritakan tentang kesalahan yang pernah Anda buat yang akan membuat mereka sedih. Biarkan mereka menikmati masa kecil mereka tanpa dibayang-bayangi oleh penyesalan Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini