Sukses

Copy Film “Senyap” di Rekoleksi Memori Hari Ini

Pada hari ini, 10 Desember 2015, di hari peringatan Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia, Rekoleksi Memori menyelenggarakan program: Bawa flash

Liputan6.com, Jakarta Pada hari ini, 10 Desember 2015, di hari peringatan Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia, Rekoleksi Memori menyelenggarakan program: Bawa flash disk-mu, copy film “Senyap”. Publik yang ingin memiliki copy film “Senyap (The Look of Silence)” bisa datang ke Museum Temporer Rekoleksi Memori di area Plaza (Pelataran) Teater Jakarta atau di Kineforum, Taman Ismail Marzuki (TIM), hari ini mulai pukul 14.00 sampai dengan 21.00 WIB, dengan membawa USB flash disk atau hard disk sendiri. Panitia akan mengkopikan gratis film “Senyap” karya sutradara Amerika Joshua Oppenheimer dan ko-sutradara anonim dari Indonesia, yang memfilmkan para pelaku genosida di Indonesia.

Dalam film ini, satu keluarga penyintas mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana anak mereka dibunuh dan siapa yang membunuhnya. Adik bungsu korban bertekad untuk memecah belenggu kesenyapan dan ketakutan yang menyelimuti kehidupan para korban, dan kemudian mendatangi mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan kakaknya – sesuatu yang tak terbayangkan di negeri dengan para pembunuh yang masih berkuasa.

“Senyap” adalah film kedua Joshua yang mengangkat tema Tragedi 65, setelah sebelumnya merilis film “Jagal (The Act of Killing)”. “Senyap” telah memenangkan sejumlah penghargaan internasional, salah satunya Penghargaan Utama Juri dalam Festival Film Internasional Venezia ke-71 di Italia.

Setelah tadi malam (9/12) memberikan ruang untuk pembacaan Naskah Drama #50Tahun1965 -- hasil Bengkel Naskah Festival Teater (FTJ) Jakarta Dewan Kesenian Jakarta -- yang dilarang dibacakan di area penyelenggaraan acara FTJ oleh pihak Kepolisian, karena dianggap menimbulkan pro kontra pihak lain dan berpotensi memancing kericuhan, Rekoleksi Memori masih menggelar sejumlah kegiatan sampai dengan Sabtu, 12 Desember 2015.

Di antaranya “Refleksi 70 Tahun Perjalanan Penanganan HAM di Indonesia” bersama tokoh-tokoh seperti Jimly Assidiqie, Sinta Nuriyah Wahid, Sidarto Danusubroto; “Open Mic Puisi Rekoleksi”; Bedah Buku Foto “Pemenang Kehidupan” karya Adrian Mulya; Diskusi “HAM dalam Karya Sastra” bersama Okky Madasari dan Linda Christanty; dan Panggung Musik Rekoleksi Memori untuk merayakan hari HAM Sedunia. Jadwal lengkap bisa dilihat di www.lawanimpunitas.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini