Sukses

Langkok Grup, Rindu Bergumam

Aksi Langkok Grup dengan komposisi musik atraktif di KABA Festival 2

Liputan6.com, Padang Alunan saluang mulai mengisi ruang udara. Lalu dendang, yang tak lebih dari ratap. Keduanya menyatu dan sayup-sayup sampai ke dalam gendang telinga. Jadi sayatan, namun bukan daging yang disayat, akan tetapi perasaan yang mendengar.

Begitulah Hasanawi memulai komposisi musiknya, yang dipersiapkan untuk tampil pada KABA Festival 2, yang akan dihelat pada 11 – 13 Desember 2015 nanti di Ladang Tari Nan Jombang, Padang.

Rindu Bergumam, sebagaimana disampaikan komposer ini merupakan puncak dari kerinduannya kepada anaknya yang telah terlebih dahulu menghadap Yang Kuasa.


“Air mata ini jatuh ke dalam,” katanya menggambarkan peristiwa tragis yang ditimpa sang anak yang tewas karena kecelakaan bermotor.

Sebagaimana ciri dari seorang Hasanawi, kali ini pun sang komposer melakukan perpaduan dua ciri musik tradisi yang berbeda, yakni saluang dengan rabab, yang berarti memadukan darek dengan pasisia.

Merangkum ketenangan dalam keriuhan. Sehingga menjadi suatu komposisi yang selama ini bercirikan Langkok Grup.

Mak Hasan, begitulah panggilan akrab seniman tradisi ini, telah muncul di dunia seni tradisi sejak tahun 1980-an. Selain mendirikan Langkok Grup, Mak Hasan juga telah malang-melintang sebagai pengisi musik di berbagai grup kesenian, salah satunya Nan Jombang Dance Company. Berbagai judul komposisi musik tradisi telah lahir dari tangan dinginnya, salah satunya ' Rindu Bergumam' yang akan ditampilkannya pada hari pertama (11 Desember 2015) di Kaba Festival 2015 ini.

Ia juga wara-wiri di berbagai televisi daerah. Menerima undangan baralek tak pula diharamkan. Semua dilakukan agar daya energi tradisi tetap ada.

Dalam pementasan kali ini, ia sudah menukar beberapa personilnya. “Tidak satu visi,” alasannya Jumat (4/12/2015) siang.

Pementasan ini juga dijadikan sumber doa. Ia meminta khusus pada panitia agar di akhir pementasan seluruh penonton ikut mengaminkan doanya agar anak tersayang di terima di sisi Allah SWT.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini