Sukses

Konser Menawan Kolaborasi Musisi Indonesia-Jerman

Ruang Suara merupakan konser musik klasik kontemporer yang mengkolaborasikan musisi Indonesia dan Jerman.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses digelar 2 Desember lalu di Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ruang Suara masih akan menampilkan konser serupa di Yogyakarta dan Bandung, 4 dan 6 Desember 2015. Ruang Suara merupakan garapan musik yang mengkolaborasikan komponis-komponis dan musisi muda Indonesia dengan Ensemble Modernasal Frankfurt, yaitu salah satu ansanbel solois musik klasik kontemporer terkemuka di dunia.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Jumat (4/12/2015), masing-masing komponis muda Indonesia dituntut untuk menciptakan karya khusus untuk Ensemble Modern yang menggambarkan pendekatan artistik yang berbeda, dengan menggabungkan musik teatrikal, audiovisual, dan ritme musik gamelan.

Pada Januari tahun depan, 8 komposer muda Indonesia yang terpilih akan pergi ke Frankfurt untuk berkerja langsung dengan Ensamble Modern.

Sementara itu, Heinrich Blomeke, Direktur Goethe-Institut Indonesia mengatakan, “Indonesia memiliki tradisi yang kaya, terutama dalam bidang tarian dan musik, yang seringkali hanya dikenali oleh segelintir penikmat seni di luar Asia. Kesempatan untuk mengadakan kolaborasi antara seniman Indonesia dan Frankfurt sangat penting bagi kami.”

Hal senada juga diungkapkan oleh Ulrich Schoder, Dewan KfW Stiftung, menurutnya keterbukaan dan rasa keingintahuan adalah sayarat bagi pertukaran antar budaya di dalam ranah seni. Menyediakan wadah bagi pertukaran ide ini merupakan suatu misi yang istimewa.
Konser Ruang Suara selanjutnya akan digelar hari ini, 4 Desember 2015, di Concert Hall ISI Yogyakarta, mulai pukul 19.30 WIB, dan 6 Desember 2015 di Selasar Sunaryo Art Space, Bandung, mulai pukul 19.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini