Sukses

Istri Anda Baru jadi Seorang Ibu? Perhatikan Perubahan Ini

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika istri Anda baru menjadi seorang ibu.

Liputan6.com, Jakarta Pertama kalinya menjadi seorang ayah akan banyak merubah hidup Anda. Tak hanya dari status, tapi juga mental dan pola pikir akan turut berubah.

Selain itu, hubungan Anda dan istri pun mengalami beberapa perubahan yang harus disadari dan hadapi. Seperti dilansir dari Family Share pada Kamis (3/12), liputan6.com merangkum beberapa hal yang harus pria ketahui ketika istri mereka menjadi seorang ibu.

1. Istri Anda akan merasa dirinya jelek dan gemuk
Sulit menyadari dan mengerti konflik perasaan yang perempuan alami setelah melahirkan. Kebanyakan dari mereka merasa bahwa dirinya menjadi jelek dan gemuk. Perasaan tersebut cukup kompleks dan hanya istri Anda seorang yang mengerti kondisi tersebut. Jadi, jika suatu waktu istri Anda menanyakan bagaimana dengan bentuk fisik mereka, beri pendapat yang menyenangkan dan beri semangat.

2. Istri Anda akan sangat terobsesi pada bayinya
Beberapa pria merasakan cemburu karena perhatian istri mereka mulai teralihkan sejak kehadiran sang bayi. Mau tak mau, fase tersebut harus Anda sikapi dengan bijak dengan beradaptasi dan mengontrol ego diri sendiri.

3. Istri Anda jadi pribadi penakut dan mudah panik
Memiliki bayi membuat kehidupan Anda dan istri menjadi serba baru. Hal tersebut harus pula dibarengi dengan pemahaman bahwa istri Anda akan menjadi pribadi yang lebih mudah panik dan takut. Kehadiran bayi membuat mental istri Anda jadi lebih rentan. Oleh karena itt, istri Anda membutuhkan dukungan.

4. Istri Anda akan selalu membela diri
Saat pertama kali menjadi seorang ibu, istri Anda akan menjadi pribadi yang selalu membela diri karena tekanan dari berbagai pihak, seperti ibu, bibi, mertua, dan juga teman-temannya. Ketika dalam kondisi tenang, usahakan buat istri Anda merasa bahwa dirinya tak perlu membela diri dan buat agar ia merasa aman ketika bersama.

5. Istri Anda sulit marah pada bayinya
Terganggu oleh tangisan bayi di tengah malam, atau kerewelan yang ditimbulkan oleh sang buah hati lambat laun menguras kesabaran istri Anda. Namun, satu hal yang harus Anda sadari bahwa dirinya tak mungkin untuk melampiaskan kemarahan pada bayinya. Anda harus mempersiapkan diri menjadi tempat untuk mencurahkan segala kekesalannya sehingga mental dan pikirannya tetap sehat.

6. Istri Anda butuh proteksi
Saat memiliki bayi, istri Anda akan merasa tidak aman akan lingkungan sekitaranya. Oleh karena itu, Anda sebagai suami berusahalah untuk meyakinkannya bahwa situasi disekitarnya aman.

7. Ketahuilah bahwa Istri Anda mencintai Anda
Terlepas dari segala kerepotan yang mungkin akan Anda hadapi ketika pertama kali menjadi seorang ayah, ketahuilah bahwa istri Anda mencintai Anda. Ia bahagia saat melihat Anda menjadi seorang ayah bagi anak-anaknya. Istri Anda mencintai bayinya seolah itu adalah versi mini dari Anda.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.