Sukses

Hilangkan Stres dengan Berkendara Sendirian

Banyak cara untuk melampiaskan dan melepaskan stres hingga frustasi. Seperti berlibur, menjalani hobi, sampai berkendara seorang diri.

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara untuk melampiaskan dan mencurahkan rasa frustasi serta menghilangkan stres, seperti berlibur, menjalani hobi, sampai berkendara seorang diri. Bagi sebagian besar orang, berkendara seorang diri dan berkelana untuk menghilangkan stres mungkin bukan cara yang lumrah.
Namun, seperti dilansir dari Elite Daily pada Senin (23/11), Liputan6.com menemukan beberapa alasan mengapa alternatif tersebut memberi dampak positif dan membuat hidup lebih produktif.


1. Anda bisa menghabiskan waktu menyenangkan sendiri seperti saat bersama teman-teman

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Profesor Rebecca Ratner dari Universitas Maryland dan Rebecca Hamilton dari Universitas Georgetown, kecemasan dan frustasi yang akan seseorang alami ketika pergi ke suatu tempat sendiri bukan dari diri sendiri. Namun, hal tersebut datang dari kecemasan Anda akan yang akan orang lain pikirkan.

Ketidakbahagiaan Anda tersebut menyoal tekanan sosial yang sedang dialami. Oleh karena itu, berkendara seorang diri dan berkelana bisa jadi teman perjalanan Anda untuk mengatasi rasa frustasi tersebut.
Kuncinya adalah berusahalah santai dan hibur diri Anda dengan bernyanyi dengan lepas untuk melepaskan energi negatif dan menambah semangat menjalani hari.

2. Anda bisa menemukan ide-ide terbaik

Sebuah perjalanan panjang dan seorang diri memang jadi waktu yang tepat untuk mengolah kreatifitas. Bahkan sebuah penelitian oleh Keith Sawyer, Psikolog dari Universitas Washington di St. Louis menyatakan bahwa memikirikan ide dengan cara brainstorming dalam kelompok akan menghasilkan kreatifitas yang jauh lebih sedikit.
Oleh karena itu, menyendiri menjadi momentum terbaik untuk mengolah ide kreatif sekaligus sarana hiburan untuk diri sendiri.


3. Anda bisa membersihkan pikiran.

Saat memutuskan untuk berkendara dan berkelana sendirian, hal tersebut bisa jadi momentum yang tepat untuk membiarkan pikiran Anda mengembara. Anda bisa sambil membersihkan pikiran dari hal-hal negatif dengan menghirup udara segar dan ditemani musik.

4. Anda bisa memperbaiki hubungan dengan sesama

Berkendara dan berkelana seorang diri dapat memberikan Anda waktu untuk mencari jalan keluar atas masalah serta memperkuat hubungan interpersonal dengan sesama. Seperti diungkapkan dalam Psychology Today, Anda bisa menghabiskan waktu dengan diri sendiri dan mendapatkan pemahaman akan siapa dan apa yang diinginkan dalam hidup.
Selain itu, aktivitas tersebut membentuk Anda untuk bisa menentukan apa yang terbaik bagi diri sendiri. Melakukan perjalanan seorang diri juga akan mengajarkan Anda untuk menghargai waktu dan hubungan dengan sesama.


5. Berkendara dan berkelana seorang diri bisa jadi obat kebosanan

Kebosanan merupakan penyebab utama menurunnya kreatifitas dan kebahagiaan sehingga melenyapkan ide-ide segar. Berkendara seorang diri bisa jadi alternatif mengatasi kebosanan dan memulihkan kreatifitas Anda.


6. Membuat Anda lebih fokus
Bagi Anda yang sulit untuk fokus, berkendara dan berkelana seorang diri akan membantu mengatasi masalah tersebut. Berkendara seorang diri tidak akan ada yang mengganggu Anda dengan perintah dan arahan. Anda jadi punya banyak waktu untuk melatih fokus.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini