Sukses

6 Manfaat Bermain Game untuk Pengembangan Diri

Bermain game sering dipandang sebelah mata, hingga dianggap kegiatan yang negatif. Tetapi ternyata bermain game bantu Anda persiapkan hidup.

Liputan6.com, Jakarta Bermain game seringkali diidentikan dengan semua hal yang buruk dan tak bermanfaat. Namun, tahukah bahwa dengan bermain game, dapat membantu seseorang mempersiapkan diri menghadapi kehidupan.

Seperti dilansir dari Lifehack.org pada Kamis (19/11), Liputan6.com merangkum apa saja manfaat dari bermain game yang berguna bagi masa depan seseroang yang telah dianalisa oleh para ahli.

1. Game mengajarkan tentang 'Kecurangan VS Kejujuran'

Dalam dunia game, Anda dimungkinkan untuk menipu atau curang terhadap permainan dan hal ini jelas tidak baik. Namun, jika ketahuan berlaku curang dalam dunia game, Anda pun akan mendapat sangsi dari pihak pengembang atau mungkin saja dari lingkungan sepermainan. Hal ini mengajarkan Anda dalam kehidupan nyata untuk berani memilih dan menerima konsekuensi akan pilihan tersebut. Mau jujur atau curang.

2. Game mengajarkan Anda untuk berani menjelajah

Walaupun kesannya fisik hanya diam saja ketika sedang bermain game, tapi pikiran dan imajinasi terus bergerak dan mengeksplorasi permainan tersebut. Keberanian Anda juga akan dilatih, khsususnya untuk game petualangan di mana secara tidak langsung berpengaruh pada kehidupan nyata. Saat Anda menemukan hal yang baru di dunia nyata, Anda akan jauh lebih bisa menghargainya, seperti menemukan item berharga dalam sebuah permainan.

3. Game mengajarkan Anda untuk tekun

Untuk menang dalam sebuah permainan, membutuhkan konsentrasi dan ketekunan untuk para pemainnya. Begitu pula saat mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Hidup layaknya seperti sebuah kompetisi dan para gamers biasanya menanggapi serius akan hal ini tak hanya sekedar menjalankan hobi semata.

4. Game mengajarkan sosialisasi

Siapa bilang bermain game hanya akan membuat Anda sepenuhnya anti sosial atau kurang pergaulan. Jika dilihat dengan kasat mata mungkin hal tersebut bisa dianggap benar, tetapi sejatinya bermain game juga membutuhkan sosialisasi dengan teman sepermainan. Malah untuk beberapa kasus, Anda lebih memungkinkan untuk memperluas jaringan pertemanan dengan orang di luar negeri dengan para pencinta game yang serupa.

5. Game akan memperkuat pandangan Anda ke depan

Ketika bermain sebuah game, seperti tetris atau sejenisnya, pikiran Anda harus bisa mendahului permainan tersebut karena strategi yang dibangun berdasarkan pandangan ke depannya. Bermain game justru tidak membuat otak Anda mundur ke belakang, tetapi menjadi seorang visioner. Kemampuan untuk melihat dan memprediksi apa yang terjadi saat sedang bermain game dan di kehidupan nyata akan membantu Anda untuk menghadapi kehidupan.

6. Bermain game dapat meningkatkan empati

Bermain game dapat memengaruhi emosi seseorang. Dasar dari emosi inilah yang pada akhirnya mendidik seseorang untuk jadi lebih empati pada sesama. Gamers tidak secuek seperti kelihatannya, justru yang tejadi sebaliknya di mana mereka memiliki rasa empati pada kehidupan sekitar. Bermain games mengajarkan banyak hal tentang lingkungan sekitar Anda dan dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini