Sukses

Kopi Jeli, Cara Baru Minum Kopi

Di Lampung ada sajian kopi berbeda yang dinamakan Kopi Jeli.

Liputan6.com, Lampung Kopi Jeli, begitu masyarakat Lampung menamakannya. Jika kopi pada umumnya diseduh menggunakan air panas, kopi yang satu ini justru diproses terlebih dahulu menjadi jeli sebelum disajikan.

Kopi Jeli merupakan salah satu minuman khas lampung, yang terbuat dari kopi dalam bentuk jeli dan dipotong dadu, dicampur dengan susu, lalu disajikan dengan es batu. Kopi Jeli menjadi sangat spesial bagi masyarakat Lampung, selain nikmat dan menyegarkan karena menggunakan biji asli kopi robusta, penjual minuman khas ini juga masih jarang ditemukan di Kota Bandar Lampung.

Isna Adianti, pemilik Cikwo Resto, salah satu penjual Kopi Jeli yang ada di Jalan Sekala Brak, Pakis Kawat, Bandar Lampung, saat ditemui Liputan6.com, Senin (9/11/2015) menuturkan, “Minuman khas Lampung seperti Kopi Jeli memang susah dicari. Yang jual di pasaran memang masih jarang. Ini kami buat kebetulan keluarga kami masih suka masak-masakan tradisional, mulai dari kaka, bibi, sepupu saya masih suka masak tradisional. Tapi orang Lampung itu sering buat Kopi Jeli kalau lagi ada pesta keluarga.”

Dihadirkannya Kopi Jeli, sebagai salah satu minuman khas Lampung, merupakan upaya yang dilakukan Isna Adianti untuk melestarikan dan membuat masyarakat lebih khususnya di Bandar Lampung untuk lebih mengenal lagi ragam kulinernya. Dibanderol dengan harga yang terjangkau, Kopi Jeli menjadi minuman yang cocok menemani waktu santai Anda dalam segala suasana.

Pahit kopi robusta dalam bentuk jeli yang berpadu sempurna dengan susu dingin, nampaknya akan menjadi tren cara minum kopi yang baru di masyarakat Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.