Sukses

Kopi dengan Atau Tanpa Ampas yang Lebih Baik?

Kopi juga bisa disajikan dengan dan tanpa ampas. Mana yang lebih baik?

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambah populernya minuman ini, kopi hadir dengan penyajian yang semakin beragam. Tidak melulu kopi hitam yang hanya diseduh air dengan gula, kopi juga bisa disajikan dengan campuran susu, baik steam maupun foam. Kopi juga bisa disajikan dengan dan tanpa ampas. Mana yang lebih baik?

Toni Wahid, coffee enthusiast dan penulis blog untuk kopi Cikopi.com, mengatakan, sebagian orang menilai minum kopi harus yang ada ampasnya. Sebab, mereka berpikir kalau tidak ada ampas, berarti belum kopi.

"Namun sekarang orang butuh kepraktisan. Kalau pakai ampas, kita kan harus membersihkan, kenapa nggak dipisah saja? Itu untuk praktisnya saja," kata dia, di Bandung, Sabtu (7/11/2015).

Meski begitu, baik kopi dengan atau tanpa ampas memiliki sensasi yang berbeda-beda untuk setiap orang. Biasanya kopi yang diseduh langsung dari serbuk kopi akan memiliki ampas dan bau khas yang disukai oleh sebagian orang. Semantara kopi tanpa ampas bisa dibuat dari mesin kopi atau beberapa jenis kopi instan.

"Sebetulnya dari sisi rasa setiap orang punya sensasi yang berbeda. Jadi tergantung apa yang mau dirasakan. Kalau mau praktis mencuci cangkirnya maka lebih baik tanpa ampas," ujar Toni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini