Sukses

Jangan Salah Pilih Sepatu Olahraga!

Salah pilih sepatu olahraga bisa menimbulkan beragam keluhan dan beberapa cedera.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga adalah bentuk aktivitas untuk membakar lemak tubuh sekaligus bertujuan menghadirkan bentuk tubuh ideal. Masing-masing olahraga memiliki perlengkapan berbeda, salah satunya sepatu olahraga, dengan memilih sepatu tepat akan diperoleh manfaat maksimal dan mencegah cedera.

Salah pilih sepatu olahraga bisa menimbulkan beragam keluhan dan beberapa cedera ringan, seperti jari kaki lecet, rasa nyeri di persendian kaki, sakit pada tendon achilles, nyeri punggung, bahkan sakit pinggul. Agar terhindar dari hal tersebut pastikan sepatu yang Anda kenakan sesuai dengan aktivitas olahraga dilakukan berikut ini.

Sepatu lari

Sepatu jenis ini memiliki sol yang sangat fleksibel sehingga mendukung telapak kaki untuk menekuk tiap kali melangkah. Tapi, sepatu jenis ini tidak cocok untuk olahraga yang sering menuntut gerakan menyamping, misal olahraga tenis.

Sepatu untuk jalan

Aktivitas berjalan atau jalan santai seringkali dilakukan dalam waktu lama, sepatu jenis ini mampu mengurangi rasa nyeri pada tumit dan mata kaki. Sepatu untuk berjalan sebaiknya lebih kaku di bagian depan agar jari kaki terasa nyaman ketika berjalan.

Sepatu aerobik

Kegiatan aerobik termasuk olahraga dengan full gerakan ], untuk itu hanya pilih sepatu yang fleksibel dan mampu menopang tubuh dan berperan sebagai bantalan untuk meminimalisir benturan pada kaki.

Sepatu basket

Olahraga seperti basket menuntut pemainnya untuk bergerak lincah dengan gerakan yang dinamis. Karena itu diperlukan sepatu yang memiliki kombinasi fleksibilitas sekaligus mendukung gerakan ke samping.

Sepatu sepak bola

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang dipengaruhi oleh kualitas lapangan, sepatu untuk olahraga ini sebisa mungkin harus mampu meredam banyaknya tekanan pada kaki, termasuk ketika permainan itu dilakukan pada lapangan rumput buatan. Jika sepatu yang digunakan tidak sesuai, pemain berisiko mengalami penebalan kulit atau biasa disebut kapalan pada permukaan kulit atau gangguan pertumbuhan kuku kaki.

Sepatu tenis dan squash

Sepatu tenisn dan squash sengaja dirancang lebih kaku dan berat dibandingkan sepatu lari. Pada aktivitas olahraga yang menggunakan raket sebaiknya pilih sepatu khusus yang dapat mendukung gerakan ke samping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.