Sukses

Cara Atasi Kantuk Setelah Makan Siang

Setelah jam makan siang, masalah yang timbul selanjutnya adalah kantuk. Berikut cara atasi kantuk setelah jam makan siang.

Liputan6.com, Jakarta Untuk sebagian besar orang Indonesia, setelah makan siang akan jauh lebih berpotensi mengantuk. Bagi Anda yang sedang bekerja, melakukan aktivitas setelah jam makan siang akan mengurangi produktivitas akibat kantuk yang mendera.

Dilansir dari Livestrong, Jumat (6/11/2015), berikut cara agar Anda tidak mengantuk setelah jam makan siang.

1. Maksimalkan tidur Anda saat malam hari
Mengantuk setelah jam makan siang bukan semata-mata hanya disebabkan oleh faktor kekenyangan saja, tetapi karena kurang tidur pada waktu malam. Cukup istirahat dan tidur saat malam hari dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa kantuk.

2. Jangan banyak makan makanan mengandung gula dan lemak
Batasi makanan Anda yang mengandung lemak dan gula agar terhindar dari kelebihan energi. Mungkin awalnya tubuh Anda akan mendapatkan dorongan energi, tetapi setelahnya kelebihan energi malah akan membuat Anda cepat merasa lelah dan mengantuk.

3. Konsumsi makanan yang kaya zat besi, protein, dan karbohidrat
Mengonsumsi makanan untuk makan siang yang mencakup zat besi, proteinm dan karbohidrat yang kaya akan menghindarkan Anda dari kantuk. Karbohidrat memberikan glukosa yang tubuh perlukan sebagai bahan bakar tubuh sehingga tidak mudah merasa lelah.

4. Batasi porsi makan Anda
Porsi makan akan memengaruhi kondisi badan Anda setelahnya. Jika terlalu berlebihan, maka yang adalah Anda akan cepat mengalami kantuk.

"Makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang", -Anonim

5. Banyak minum air putih
Kantuk yang terjadi setelah jam makan siang terjadi juga karena dehidrasi. Minum air putih yang banyak setelah makan siang juga dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa kantuk. (Ffs/Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini