Sukses

Lebih Baik Pilih Wedges daripada High Heels

Mana yang lebih penting: kesehatan dan kondisi tubuh atau penampilan Anda?

Liputan6.com, Jakarta Wanita mana yang tidak suka dengan tampilan kaki mereka saat menggunakan heels? Sayang, di balik keindahan penampilan kaki ber-highheels, banyak sekali dampak buruk yang tidak hanya akan dialami kaki tapi juga punggung dan tubuh secara keseluruhan. Beberapa wanita yang tidak sanggup menahan sakit akibat dari heels akhirnya berpaling pada wedges, sepatu yang juga memiliki ketinggian sama seperti heels. Berbeda dengan heels, wedges didesain sedemikian rupa dengan support dan kenyamanan lebih.

Dengan sepatu ini, pengguna akan lebih mudah melangkah dan menjaga keseimbangan badan. Namun demikian, apakah wedges benar-benar lebih baik untuk digunakan ketimbang heels? Seperti dilansir dari Popsugar, Selasa 3 November 2015, dokter ahli bedah tulang di Cincinnati, Ohio, Canada, dr James Amis, mengatakan bahwa wedges memang sedikit mengurangi efek tegang dan membuat otot betis lebih rileks dibanding heels. Hal itu terjadi karena dengan sepatu jenis ini ketegangan pada jalur plantar dapat diminimalisasi.

Dr James Amis juga menambahkan bahwa pasien dengan keluhan kaki yang sakit karena menggunakan wedges akan jauh lebih cepat sembuh dibandingkan mereka yang menggunakan heels.

Senada dengan James Amis, pelatih di bidang performa tubuh, Dan Cerone, mengatakan bahwa sakit punggung akibat wedges akan lebih sedikit dibandingkan heels. Ini karena bentuk alas sepatu yang lebih tebal dan tidak setinggi heels. Salah satu penyebab rasa sakit yang terasa saat memakai heels adalah bentuk yang terlalu tipis dan runcing. Wedges akan mendistribusikan berat badan Anda secara seimbang antara tubuh bagian depan dengan bagian belakang. (Ern)*

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini