Sukses

DIY: Khasiat Ubi dari Mengatasi Kulit Kering sampai Mencegah Penu

Ubi merupakan salah satu jenis makanan pokok Indonesia. Selain mengenyangkan dan bernutrisi, ubi juga memiliki manfaat kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Ubi merupakan salah satu jenis makanan pokok Indonesia. Selain mengenyangkan dan bernutrisi, ubi juga memiliki manfaat kecantikan. Kandungan magnesium, fosfor, potasium, sodium, seng, biotin, serat, dan asam lemak omega 3 bisa bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Selain itu ubi juga kaya vitamin A, B, C, dan K merupakan sumber beta karoten dan antosianin. Antosianin menghambat pigmentasi sehingga membuat kulit tampak lebih bersinar. Senyawa itu juga bersifat anti-inflamasi yang dapat menghambat penuaan dini. Ubi pun dipercaya menjadi salah satu makanan terbaik bagi kulit Anda. Ingin tahu manfaatnya lebih detail? Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari Boldsky, Jumat (30/10/2015).

1. Mengurangi kulit berminyak
Ubi memiliki kemampuan untuk mengurangi minuak pada kulit. Rebus ubi, tumbuk, tambahkan sesendok makan madu dan aplikasikan pada kulit. Tunggu sekitar 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

2. Mengatasi kulit kaki pecah-pecah
Ubi memiliki kandungan terbaik untuk mengatasi kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Caranya yakni dengan memasukkan kaki ke dalam air yang sudah diisi potongan-potongan ubi yang sudah direbus. Biarkan beberapa menit. Kulit pun akan menjadi lembut secara alami.

3. Mengurangi lingkaran gelap pada mata
Kandungan antosianin pada ubi dapat mengurangi pigmentasi, begitu pula dengan properti anti-inflamasinya. Gunakan dua irisan ubi pada mata, atau buat ubi menjadi bentuk pasta terlebih dulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengurangi keriput

4. Mengurangi keriput dan mencegah penuaan dini
Ubi dapat meregenerasi kulit kering dan melawan tanda-tanda penuaan. Buatlah pasta ubi dengan menambahkan madu dan susu pada ubi tumbuk. Gunakan pasta ini pada kulit kemudian bersihkan dengan air hangat.

5. Melembabkan kulit
Ubi dapat melembabkan kulit secara mendalam. Campur satu sendok makan yogurt dan ubi bersama-sama. Kemudian aplikasikan pada wajah dan bersihkan.

6. Sirnakan rambut kering
Selain kulit wajah, ubi juga bisa melembabkan rambut. Caranya yakni mengaplikasikan pasta ubi ke rambut seperti halnya saat menggunakan masker rambut.

7. Mempercepat pertumbuhan rambut
Vitamin A dan beta-karoten dalam ubi merupakan kandungan ideal untuk tonik rambut. Mengonsumsi ubi sehari-hari dapat memberikan kilau alami padanya dan mengatasi permasalahan seperti rambut kusam hingga ketombe. (Uno)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.