Sukses

6 Kuliner yang Bikin Anda Kangen pada Kota Bogor

Selain menawarkan berbagai objek wisata khas pegunungan, Bogor juga menyimpan anekarupa kuliner unik dan menjadi ciri khas bagi Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Bogor selain menawarkan berbagai objek wisata menarik khas pegunungan, Kota Hujan ini juga menyimpan segudang kuliner unik yang menjadi ciri khas bagi Bogor. Tak heran banyak wisatawan yang melancong ke Bogor, selalu menyempatkan diri memburu berbagai kuliner ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Berikut 6 kuliner yang telah menjadi ciri khas bagi Bogor, seperti disusun tim Liputan6.com, Kamis (29/10/2015).

Asinan Bogor

Asinan Bogor  (Via: kuliner.panduanwisata.id)
Asinan Bogor dibagi menjadi tiga varian, yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan yang memaduakan antara buah dan sayur. Buah yang menjadi bahan dalam asinan Bogor adalah buah-buahan tropis, seperti benguang, kendondong, jambu, nanas, dan mentimun. Sementara sayuran yang digunakan antara lain tauge dan kol. Asinan Bogor memiliki citarasa segar dan pedas, rasa pedas asinan Bogor didapat dari saripati cabai yang diolah bersama asam dan gula pasir. Dibanderol dengan harga yang terjangkau, asinan Bogor kerap menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bogor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Soto Kuning

Soto Kuning

foto: Bogor.net
Siapa yang tidak kenal dengan ketenaran soto berkuah kuning yang satu ini? Selain lezat, soto ini memiliki ciri khas yang unik dari kuahnya yang kuning, yang berasal dari bumbu kunyit dan rempah-rempah lainnya. Ada empat varian yang ditawarkan Soto Kuning, yang soto yang berisikan limpa, daging, ayam, dan babat. Yang menarik, kaldu yang digunakan untuk memasak bahan dasar soto ini akan dijadikan kuah kuning sehingga rasa soto benar-benar terasa asli.

3 dari 6 halaman

Makaroni Panggang

Makaroni Panggang

Yuk buat makaroni panggang untuk menu berbuka puasa.
Meski kuliner ini bukan asli dari Bogor, namun nama Makaroni Panggang selalu melekat sebagai buah tangan bagi orang-orang yang berkunjung ke Bogor. Disajikan dalam berbagai ukuran, makaroni panggang sangat pas disantap bersama teman dan keluarga tercinta. Potongan daging yang dibungkus rebusan makaroni ditambah taburan keju dan campuran rempah lainnya membuat kuliner ‘barat’ ini begitu cocok di lidah orang Indonesia.

4 dari 6 halaman

Roti Unyil

Roti Unyil

foto: Roti Unyil Venus
Meskipun ukurannya sangat mini, namun jangan ragukan kelezatan roti unyil. Tersedia dalam berbagai varian rasa, dan ditawarkan dengan harga yang terjangkau, roti unyil menjadi kuliner yang melekat dan menjadi ciri khas bagi Bogor. Banyak orang beranggapan, tidak afdol rasanya jika berwisata ke Bogor namun tidak membawa roti unyil sebagai buah tangan.

5 dari 6 halaman

Doclang

Doclang

foto: kulinerbogor.com
Jika di Jakarta ada Ketoprak, maka di Bogor ada kuliner yang bernama Doclang. Meski serupa, namun Doclang memiliki ciri khas tersendiri jika dilihat dari bungkusnya. Doclang dibungkus menggunakan daun Patat. Daun ini telah lama oleh masyarakat Bogor dijadikan sebagai pembungkus makanan karena memiliki tekstur yang halus dan elastis.

6 dari 6 halaman

Kopi Liong Bulan

Kopi Liong Bulan

Kopi Liong Bulan salah satu oleh-oleh khas Bogor.
Diproduksi sejak 1945, Kopi Liong Bulan menjadi salah satu produsen kopi tertua yang ada di daerah Bogor. Meski namanya masih terdengar asing, namun kopi produksi rumahan ini memiliki penggemarnya sendiri di Bogor. Kini Kopi Liong Bulan kerap dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bogor. (Ibo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.