Sukses

6 Inspirasi Pekerjaan Kala Pensiun Tiba

Masa pensiun bisa dijadikan momen yang pas untuk terus berkarya saat fisik dan mental masih sehat. Berikut contoh pekerjaannya.

Liputan6.com, Jakarta Masa pensiun biasanya menjadi alasan bagi Anda untuk tak lagi berkarya. Namun bagi sebagian orang, saat fisik masih sanggup untuk beraktivitas, tidak ada salahnya bekerja lagi.

Menurut berbagai sumber yang dirangkum Liputan6.com, Rabu 27 Oktober 2015, bekerja pada masa pensiun selain menambah pendapatan juga baik untuk kesehatan mental. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan hobi juga jadi aspek penting untuk dipertimbangkan.

Berikut ini beberapa pekerjaan yang mungkin bisa jadi pilihan Anda saat menghadapi masa pensiun.

1. Event Organizer (EO) atau Koordinator Acara
Menata sebuah acara terkadang tak perlu keahlian khusus karena bisa dilatih. Bagi Anda yang sudah memasuki pensiun, pekerjaan ini masih bisa jadi pilihan yang baik. Untuk memulainya, keluarga dan pertemanan Anda bisa jadi awal yang baik. Selain itu, peran media sosial juga punya andil cukup besar untuk jadi media promosi pekerjaan Anda.

2. Dosen
Untuk menekuni profesi ini, Anda tidak perlu khawatir karena harus mencapai gelar S3. Profesi ini juga mengandalkan pengalaman kerja Anda sebagai modal kredibilitas. Dari sisi pendapatan, profesi ini mungkin tidak terlalu besar. Namun, jika Anda punya ketertarikan akan dunia mengajar, profesi ini cocok masuk daftar Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsultan Proyek

3. Konsultan Proyek
Beberapa perusahaan ternyata masih membutuhkan konsultan untuk membantu proyek-proyek mereka. Beberapa bidang di antaranya adalah hukum, pemasaran, sampai proyek ekspedisi konstruksi dan migas masih membutuhkan peran para pensiunan untuk berkarya.
Namun, profesi ini membutuhkan kepercayaan dan kredibilitas yang diakui.

4. Seniman
Bagi Anda yang suka akan seni, profesi ini bisa jadi pilihan. Jam yang fleksibel dan berbasis proyek, profesi ini juga bisa mendatangkan keuntungan dari produk-produk seni dan kreatif yang Anda hasilkan.

3 dari 3 halaman

Guru Les

5. Guru Les
Profesi yang serupa dengan dosen, guru les merupakan pilihan yang baik untuk para pensiunan. Ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang Anda miliki bisa dibagikan kepada anak-anak muda.

6. Pengusaha
Membangun usaha dan menjadi pengusaha merupakan impian sebagian besar orang. Namun, masa pensiun bukan berarti saat yang tidak tepat tepat untuk memulai usaha, justru sebaliknya. Anda memiliki waktu yang lebih leluasa untuk mulai memikirkan dan memulai usaha yang cocok untuk Anda jalankan. Mulai dari membangun restoran, bengkel, toko, dan sebagainya. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini